0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » 3 Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet

3 Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet

Diposting pada 24 March 2017 oleh Admin Manxigroup

Manxi Group – Toko Printer Epson Murah Dan Pusat Servis Printer Di Solo. Selamat datang sobat manxi, ngomong-ngomong kali kita akan sharing informasi mengenai jenis tinta untuk printer inkjet. Bagi yang sudah tahu silahkan dikoreksi siapa tahu nanti bisa menambahkan kekurangan yang ada dalam ulasan berikut. Kalau yang belum tahu semoga dapat menambahkan wawasan bagi sobat.

Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet

Jenis tinta yang diperuntukkan khusus printer inkjet hanya ada 3, yaitu tinta jenis Dye Based Ink, Jenis Sublimation Ink, dan jenis Pigmen Art Ink.

1. Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet : Dye Based Ink

Tinta Dye Based merupakan tinta printer paling populer karena digunakan oleh banyak orang untuk kebutuhan cetak mereka. Tinta Dye Based dibuat dari bahan dasarnya air. Lalu air ini diberi pewarna “Colourant” yang membuatnya bisa menyatu dengan baik pada air sehingga kemungkinan kecil untuk menyumbat printhead.

Kelebihan :

  • Harganya murah
  • Hasil cetak cerah
  • Mudah didapatkan karena hampir bisa ditemukan di tiap toko printer

Kekurangan :

  • Mudah luntur jika terkena air

2. Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet : Pigmen Art Ink

Tinta jenis pigmen art terbuat dari bahan pewarna bubuk yang tidak larut dalam air. Sehingga tinta jenis ini akan meninggalkan bekas pada kertas dan jauh lebih awet dari pada tinta jenis Dye Based. Tinta ini sangat cocok untuk mencetak berupa gambar atau design yang mengutamakan warna.

Kelebihan

  • Tidak cepat luntur jika terkena air
  • Tahan terhadap cuaca
  • Mudah didapatkan di toko printer

Kekurangan

  • Lebih mahal dari tinta Dye Based

3. Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet : Sublimation Ink

Mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu tinta jenis sublim. Pengertian umum dari sublim adalah siklus perubahan benda dari padat ke gas. Orang biasa menggunakan tinta sublim ini untuk mencetak untuk keperluan media selain kertas, contohnya saja seperti mug. Tapi sebenarnya ini juga melalui perantara kertas, tetapi proses peletakan hasul cetak membutuhkan pemanas. Dibandingkan dengan dua jenis tinta di atas tentu tinta jenis sublim adalah yang paling awet.

Kelebihan

  • Tahan lama
  • Hasil cetak sangat bagus
  • Kekurangan
  • Harganya mahal
  • Tidak semua toko tinta printer punya

Inilah mengapa mungkin sobat manxi yang punya printer inkjet canon lebih disarankan untuk menggunakan tinta printer inkjet daripada tinta pigmen atau tinta sublim. Karena di dalam cartridge printer inkjet canon menggunakan gabus peresap, tentu jika menggunakan tinta selain inkjet akan cepat mengeras dan menghambat cartridge.

Kesimpulan dari informasi di atas adalah jenis tinta yang sobat manxi gunakan harus sesuai dengan kebutuhan. Sehingga penggunaan tinta pun juga tidak boros.

Ada pertanyaan dari sobat manxi mengenai tips memilih tinta refill yang bagus, berkualitas dan tidak merusak printer? ulasan tersebut akan kami sampaikan di artikel selanjutnya secara lengkap dan detail. Semoga artikel diatas memberikan manfaat untuk sobat manxi semua.

Bagikan informasi tentang 3 Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet kepada teman atau kerabat Anda.

3 Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet | MANXIGroup.com

Komentar dinonaktifkan: 3 Jenis Tinta Untuk Printer Inkjet

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
SIDEBAR