0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » APAKAH ASAP PRINTER 3D BURUK UNTUK KESEHATAN ANDA ?

APAKAH ASAP PRINTER 3D BURUK UNTUK KESEHATAN ANDA ?

Diposting pada 27 November 2017 oleh Admin Manxigroup

MANXIGROUP.COM | TOKO PRINTER – ASAP PRINTER 3D BURUK UNTUK KESEHATAN ANDA ?.

asap printer 3D

ASAP PRINTER 3D – Pencetakan 3D adalah aktivitas yang aman, asalkan tindakan pencegahan yang wajar dilakukan misalnya, tidak menyentuh nosel printer 3D yang panas. Namun, ada kekhawatiran tentang asap yang diberikan printer 3D ketika mencetak. Apakah benar-benar aman untuk menghirup partikel yang dilepaskan dari plastik yang meleleh? Beberapa bahan lebih berbahaya daripada yang lain, namun ABS yang biasa digunakan ternyata berpotensi nmenyebabkan masalah kesehatan.

Pada tahun 2016, sebuah studi berjudul “Emisi Partikel Ultrafine dan Senyawa Organik Volatile dari Printer Desktop Tiga Dimensi yang Dilengkapi dengan Komersial dengan Beberapa Filamen” diterbitkan. Partikel yang dipancarkan oleh beberapa printer 3D FDM diukur untuk beberapa bahan yang berbeda, dan hasilnya menunjukkan bahwa ABS dan nilon adalah salah satu filamen terburuk yang memancarkan stirena tingkat tinggi, kemungkinan adalah karsinogen.

Hal tersebut adalah informasi yang sangat berbahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PLA pada dasarnya aman, tapi bagaimana jika Anda memiliki printer 3D yang dicetak dengan ABS, nilon, atau berbagai bahan lain? Untungnya, ada tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk meminimalkan keterpaparan Anda pada asap ini, seperti membiarkan printer 3D Anda berada dalam area yang berventilasi baik. Selain itu, beberapa printer lebih aman daripada yang lain. Mungkin bahkan tidak terpikir oleh orang untuk memikirkan keamanan sebagai faktor saat berbelanja printer 3D, tapi pada akhirnya merupakan salah satu faktor terpenting. Jadi bagaimana Anda tahu printer 3D Anda aman?

Cara termudah untuk mengetahui bahwa Anda mendapatkan printer 3D yang aman adalah dengan melihat sertifikasi keselamatan yang dimilikinya. Sebagai contoh, printer 3D Zortrax telah mendapatkan sertifikat CE, FCC, WEE i dan C-Tick yang mengkonfirmasi keamanannya. Printer 3D Zortrax juga hadir dengan selungkup dan filter HEPA, yang menyaring asap dan mencegahnya dihirup oleh orang-orang di daerah tersebut. HEPA singkatan dari High Efficiency Particulate Air, dan sebagai filter udara, ia harus memenuhi kualifikasi tertentu untuk dapat disebut filter HEPA. Misalnya, ia harus menghilangkan 99,97% partikel dengan ukuran serendah 0,3 μm dari udara yang disaringnya.

asap printer 3D

Selungkup selalu merupakan ide bagus saat memilih printer 3D, dan jika pikiran Anda terpasang pada printer tanpa printer, Anda selalu dapat membeli salah satu selungkup yang dijual terpisah. Jika Anda hanya mencetak 3D dengan PLA, tidak perlu khawatir; printer 3D terbuka bisa jadi mesin hebat yang memberi Anda akses lebih mudah ke semua bagian printer Anda. Tapi jika Anda menggunakan ABS, nilon, atau benar-benar bahan yang bukan PLA, Anda pasti ingin mempunyai selungkup dengan dilengkapi sebuah filter.

Idealnya, industri percetakan 3D akan menghasilkan standar untuk filtrasi printer 3D yang tepat lebih cepat daripada nanti. Sampai saat itu, penting untuk melakukan pekerjaan rumah Anda saat mencari printer 3D, sehingga Anda dapat meminimalkan risiko dan mencetak dengan tenang.

Bagikan informasi tentang APAKAH ASAP PRINTER 3D BURUK UNTUK KESEHATAN ANDA ? kepada teman atau kerabat Anda.

APAKAH ASAP PRINTER 3D BURUK UNTUK KESEHATAN ANDA ? | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk APAKAH ASAP PRINTER 3D BURUK UNTUK KESEHATAN ANDA ?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
SIDEBAR