0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Cek Software Dan Hardware Printer Bermasalah Atau Tidak

Cara Cek Software Dan Hardware Printer Bermasalah Atau Tidak

Diposting pada 29 March 2017 oleh Admin Manxigroup

Cara Cek Software Dan Hardware Bermasalah Atau Tidak

Manxi Group РToko Printer Terpercaya Dan Pusat Servis Printer. Apa kabar sobat manxi, kali ini kita mau sharing informasi mengenai cara cek software dan hardware printer bermasalah atau tidak. Apakah informasi seperti ini penting? Ya, penting karena ini juga untuk menjaga printer sobat baik saat digunakan dan tidak gampang rusak.

Jika yang bermasalah adalah bagian softwarenya, sobat manxi bisa mengatasinya sendiri dengan update software yang bisa sobat cari di google, tidak perlu repot-repot dibawa ke service center yang tentu mengeluarkan biaya.

Dan jika yang bermasalah adalah hardware printer sobat, tentu perlu dibawa ke pusat servis printer untuk menanganinya, mungkin ada komponen yang rusak dan perlu diganti. Berbagai masalah pada printer seperti tidak mau mencetak, cartridge tidak mendeteksi, dan lain sebagainya tentunya adalah masalah pada bagian software atau hardware printer sobat. Oleh karena itu berikut ini cara cek menguji software dan hardware bermasalah atau tidak.

Untuk saran saja sebelum mengecek software ada baiknya melakukan pengecekan pada hardware terlebih dahulu.

Menguji Hardware Printer

  1. Coba periksa apakah kertas sudah dimuat pada input tray atau belum, jangan lupa periksa juga apakah printer mengalami paper jam.
  2. Periksalah koneksi kabel, baik kabel power maupun kabel data dari printer ke pc/laptop sobat
  3. Pastikan lampu indikator pada printer menyala
  4. Pastikan nyala lampu tidak berwarna merah atau orange yang berkedip-kedip, jika lampu berkedip-kedip itu merupakan bahwa printer bermasalah. Untuk mengatasinya silahkan ikuti tutorial disini.
  5. Jalankan self test pada printer, ini untuk mengetahui bahwa printer bekerja dengan baik. Untuk menjalankan self test silahka cek di buku petunjuk (manual book).

Sebenarnya penggunaan petunjuk penggunaan serta perawatan printer sudah ada dalam modul sobat saat membeli printer. Ini mungkin menjadi kebiasaan buruk seseorang untuk langsung menggunakan suatu barang tanpa melihat dulu petunjuk penggunaannya.

Menguji Software Printer

  1. Install-lah software yang tersedia bersama printer, driver ini sangat dibutuhkan agar printer dapat bekerja dengan baik pada sistem komputer
  2. Klik Start > Setting > Printer, pastikan model printer sudah ada dalam daftar komputer
  3. Cetaklah sebuah test page dengan cara klik kanan ikon printer > properties > print test page. Jika test page  tidak tercetak, download versi terbaru driver printer yang sobat miliki.
  4. Jika printer dapat mencetak test page dengan baik, kembali ke jendela printer, klik kanan printer sobat dan pastikan ada tanda centang di sebelah Set as default.
  5. Setelah printer di atur sebagai default, buka notepad dan ketikkan pesan test kemudian klik File > Print. Jika printer dapat mencetak dari program ini namun tidak dapat mencetak dari program lain, sepertinya program tersebut yang bermasalah bukan pada printer sobat.

Sekian dulu informasi cara cek software dan hardware printer bermasalah atau tidak. Mudahkan? Silahkan praktekkan sendiri pada printer yang sobat miliki.

Bagikan informasi tentang Cara Cek Software Dan Hardware Printer Bermasalah Atau Tidak kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Cek Software Dan Hardware Printer Bermasalah Atau Tidak | MANXIGroup.com

Komentar dinonaktifkan: Cara Cek Software Dan Hardware Printer Bermasalah Atau Tidak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 128.000
Ready Stock / INK001
SIDEBAR