0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Membersihkan Printer Yang Baik Dan Benar

Cara Membersihkan Printer Yang Baik Dan Benar

Diposting pada 6 April 2017 oleh Admin Manxigroup

Manxi Group – Toko Printer Dan Cartridge Toner Murah. Bagaimana kabarnya sobat manxi hari ini? Semoga selalu sehat ya. Oke, kali ini kita akan berbagi tips perawatan printer, yaitu salah satunya dengan selalu menjaga kebersihan printer, baik printer itu sendiri maupun lingkungan di sekitar printer. Pemeliharaan dan perawatan rutin terhadap printer akan memperjang umur printer serta memastikan kualitas cetak printer tetap bagus.

Melakukan pembersihan terhadap printer tidak membutuhkan waktu yang lama, cukup hanya beberapa menit saja dan proses pembersihannya pun tidak berbelit-belit, tetapi sederhana. Tapi memang pembersihan pada printer berbeda-beda tergantung jenis dan tipe printer. Tidak semua printer yang sobat beli terdapat pedoman pembersihan model printer, karena sejumlah produsen hanya memberikan akses pedoman tersebut ke teknisi bersertifikat tertentu.

PENTING: sebaiknya sobat manxi mencabut lebih dahulu kabel power yang tersambung ke listrik, karena sobat akan bekerja di dalam bagian dari peralatan listrik, sehingga ini juga akan menghilangkan risiko sobat tersengat listrik.

Metode 1: Langkah Umum Untuk Pembersihan Printer Inkjet

1. Hilangkan Debu

Gunakan penyemprot udara untuk menghilangkan debu, penyemprot udara ini bisa sobat beli di toko peralatan kantor atau toko barang umum. Semprot secara rutin dan berkala untuk menghilangkan debu baru agat tidak terjadi penumpukan debu yang akan menyebabkan susahnya pembersihan.

2. Bersihkan Interior Dengan Kain Yang Lembut/ Tisue

Untuk membersihkan bagian interior printer, gunakan kain lembut dan alkohol/ Windex. Atau juga bisa menggunakan larutan cuka/ air dengan takaran sama merupakan solusi pembersih lainnya, untuk alasan keamanan printer jangan menggunakan cairan langsung ke dalam mesin printer, tetapi tuangkan lebih dahulu ke kain.

3. Bersihkan Eksterior Printer

Sama dengan membersihkan bagian dalam mesin printer, untuk membersihkan bagian luar printer juga menggunakan kain lembut.

4. Lakukan Printhead

Ini tidak bisa sobat bersihkan dengan mengusap dengan kain lembut, tetapi menggunakan program yang ada di komputer sobat. Cara melakukan printhead ini bisa sobat baca disini.

4 Langkah pembersihan di atas cukup efektif untuk membersihkan printer sobat sehingga bisa membuat printer sobat tahan lama dan performanya tetap baik. Pertimbangkan juga pembersihan pada cartridge inkjet dengan membersihkan nozzel yang tersumbat.

Metode 2: Membersihkan Rollers

Bagian dari printer yang juga penting untuk tetap membuat printer bekerja secara optimal adalah roller printer. Jaga kebersihan roller printer untuk menghindari dari masalah kertas macet atau paper jam. Kesulitan untuk mengatasi masalah paper jam printer? sobat sebaiknya ikuti panduannya disini. Berikut ini langkah-langkah membersihkan roller printer dengan benar.

1. Lepaskan kabel power dari listrik

Melepaskan Kabel Power

2. Buka casing printer dan akan terlihat roller

Cara Membuka Casing Printer

3. Ambil kertas yang mungkin masih tersisa di tray input

Input Tray

4. Gunakan satu tangan untuk mengambil kain basah pada roller dan gunakan tangan yang lain untuk secara fisik memutar roller terhadap kain. Lakukan ini berulang kali sampai sobat yakin bahwa roller telah bersih.

Cara Membersihkan Roller Printer

5. Letakkan kembali kertas di atas tray input

Input Tray

Pasang kembali casing pritner dan colokkan lagi kabel power ke listrik. Lakukan tes mencetak beberapa dokumen sebelum melanjutkan pekerjaan pencetakan seperti biasa. Jika roller tidak dapat menarik kertas, itu menunjukkan indikasi bahwa roller belum bersih.

Demikian tips membersihkan printer yang baik dan benar, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi sobat sekalian.

Bagikan informasi tentang Cara Membersihkan Printer Yang Baik Dan Benar kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Membersihkan Printer Yang Baik Dan Benar | MANXIGroup.com

Komentar dinonaktifkan: Cara Membersihkan Printer Yang Baik Dan Benar

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR