0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » Jenis-Jenis Tinta yang Tahan Air

Jenis-Jenis Tinta yang Tahan Air

Diposting pada 6 February 2018 oleh Admin Manxigroup

TOKO TINTA MURAH SOLO | JENIS-JENIS TINTA YANG TAHAN AIR

Printer merupakan salah satu mesin cetak yang digunakan untuk mencetak sebuah dokumen. kelebihan printer selain praktis dan mudah digunakan adalah anda tidak perlu berkotor kotor lagi seperti proses cetak dengan menggunakan mesin cetak karena anda harus melakukan kontak langsung dengan mesin dan beberapa jenis obat plat seperti gom, tinta dan lainnya.

Tinta merupakan salah satu hal yang sangat penting jika anda melakukan kegiatan pencetakan menggunakan printer. jika tidak ada tinta, dapat dipastikan kita tidak bisa melakukan pencetakan. Tinta sendiri mempunyai 4 warna yaitu hitam, merah, kuning dan biru. Pada umumnya, tinta orinter yang sering digunakan oleh masyarakat umum adalah tinta printer dye base.

Namun, tahukah anda jika terdapat beberapa jenis tinta printer lainnya yang apabila terkena air tinta tersebut tidak akan luntur?. Pada artikel kali ini akan kami bahas beberapa jenis tinta yang tahan air, tidak luntur terkena air bila digunakan untuk mencetak dokumen. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Tinta Pigment atau Durabrite

tinta durabrite solo

Tinta pigment adalah salah satu jenis tinta yang terbuat dari beberapa bahan material seperti campuran air, colourant, pigment, diluent dan beberapa bahan kimia lainnya. Apabila dibandingkan dengan jenis tinta dye base, tinta pigment memiliki hasil cetak yang lebih baik dan tajam dari tinta dye base.

Tinta ini akan lebih baik dan dapat digunakan pada kertas yang dapat menyerap air seperti kertas HVS, kertas foto dan jenis kertas lainnya. Namun, jika anda menggunakan tinta pigment anda harus menggunkannya untuk mencetak setidaknya satu hari sekali. Hal ini dikarenakan tinta yang tidak pernah dipakai akan mengering dan menyumbat head cartridge sehingga dapat merusak head cartridge.

  1. Tinta Sublime/ Sublimation Ink

tinta yang tahan air

Berbeda dengan tinta pigment, tinta sublime terbuat dari beberapa bahan yang mayoritasnya adalah minyak. Biasanya tinta ini digunakan untuk beberapa media non kertas seperti mug, pin dan lainnya. Dari pada tinta dye, tinta sublime dapat memberikan tingkat ketajaman warna yang lebih baik. Sama seperti dengan tinta pigment, anda juga harus menggunakan tinta ini setiap hari supaya tinta tidak mengering dan menyumbat head cartridge. Tinta ini hanya cocok digunakan untuk printer bermerk Epson.

  1. Tinta Solvent

Tinta solvent mempunyai dua varian yaitu indoor dan outdoor. Umumnya, tinta ini digunakan pada printer format besar atau biasa disebut dengan mesin digital printing. Tinta ini paling sering dipakai untuk mencetak banner atau spanduk seperti neonbox, penunjuk arah, spanduk pada beberapa warung serta lian-lainnya.

Tinta solvent indoor atau eco solvent umumnya digunakan untuk mencetak foto dinding, stiker dan beberapa media lain yang memiliki ukuran kecil, hal ini juga disebabkan karena ukuran hasil cetaknya lebih bagus dari outdoor.

Tinta solvent indoor maupun outdoor sama-sama mempunyai ketahanan terhadap sinar ultraviolet. Hal ini disebabkan tinta solvent terbuat dari cat duco dan beberapa tambahan bahan lainnya.

Demikian Artikel tentang jenis tinta yang tahan air.

Bagikan informasi tentang Jenis-Jenis Tinta yang Tahan Air kepada teman atau kerabat Anda.

Jenis-Jenis Tinta yang Tahan Air | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk Jenis-Jenis Tinta yang Tahan Air

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR