0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » Modul Lengkap CCTV: Pengertian Dan Komponen CCTV (Part 1)

Modul Lengkap CCTV: Pengertian Dan Komponen CCTV (Part 1)

Diposting pada 24 May 2017 oleh Admin Manxigroup

MANXIGROUP.COM | JASA PASANG CCTV MURAH DI SOLO | JUAL CCTV MURAH DI SOLO | TOKO CCTV MURAH. Di kesempatan yang berbahagia ini, kami ingin berbagi ilmu seputar CCTV, meliputi pengertian CCTV, komponen CCTV beserta fungsinya. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda sekalian.

PENGERTIAN CCTV

CCTV adalah kepanjangan dari Closed Circuit Television yang merupakan teknologi kamera pengawasan 24 jam non stop. Kamera CCTV dapat memudahkan anda untuk memantau kegiatan di sekitar tempat pemasangan kamera CCTV dan untuk meningkatkan keamanan lingkungan sekitar anda. Kamera CCTV ada bermacam-macam jenis, tergantung dari fungsinya. Namun tahukah anda apa saja komponen-komponen sebuah kamera CCTV? Berikut ini adalah penjelasannya.

KOMPONEN & FUNGSI

1. MONITOR CCTV

Monitor CCTV

Monitor digunakan untuk memantau CCTV Camera, jenis monitor tak perlu istimewa apakah itu LED, LCD, CRT atau tabung. Dan untuk tampilan visual, sebuah monitor ini tak hanya bisa menampilkan satu kamera saja tetapi 2×2, 3×3 dan 4×4. Oya, pembagian visual ini juga harus memperhatikan ukuran layar monitor, jangan terlampau kecil jika akan membagi menjadi 4 bagian dari 4 kamera CCTV. Usahakan minimal ukuran layar 14 inci.

2. DIGITAL VIDEO RECORDER (DVR)

DVR pada CCTV

DVR berfungsi sebagai penyimpan data visual untuk direkam kemudian diubah menjadi video dan bisa dimunculkan pada televisi atau monitor. Format file ekstensi untuk hasil rekam beragam, GCIF, MPEG4 dan AVi, jadi Anda mudah menentukan mana yang akan Anda gunakan, dan umumnya kapasitas penyimpanan sekitar 100GB lebih dan bisa diupgrade hingga 1 Terabyte.

3. NETWORK VIDEO RECORDER (NVR)

NVR

NVR adalah perangkat perekam yang berbasis protokol internet, digunakan sebagai media penyimpan rekaman segala aktifitas yang ditangkap oleh kamera ip. Distribusi video/gambar ditranfer melalui di jaringan (network). Karena perangkat tersebut berbasis IP, NVR dapat dikelola secara remote melalui LAN atau melalui Internet sehingga memberikan fleksibilitas yang lebih besar. Dengan kata lain NVR adalah DVR-nya pada sistem IP Camera CCTV, NVR bisa berupa Hardware ataupun Software yang di aplikasikan ke hadware lainnya semisal PC Laptop Notebook atau yang lainnya.

4. CCTV CAMERA

Kamera CCTV

CCTV atau kepanjangannya Closed Circuit Television adalah sebuah kamera video digital yang difungsikan untuk memantau dan mengirimkan sinyal video pada suatu ruang yang kemudian sinyal itu akan diteruskan ke DVR dan ditampilkan ke layar monitor. Fungsi kamera CCTV adalah untuk memantau keadaan dalam suatu tempat, yang biasanya berkaitan dengan keamanan atau tindak kejahatan, jadi apabila terjadi hal-hal kriminal akan dapat terekam kamera yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan bukti. Untuk menentukan jenis CCTV Camera, bisa Anda lihat disini.

5. ADAPTOR DAN POWER SUPPLY

Adaptor Dan Power Supply

Adaptor dan Power Supply adalah sebuah teknologi yang digunakan untuk memberikan tegangan kepada Kamera CCTV agar dapat berfungsi. Adaptor dan Power Supply ada beberapa jenis yang membedakannya adanya besar tegangannya yaitu 12 Volt DC, 24 Volt AC, 24 Volt (DC). Masing-masing kamera CCTV menggunakan adaptor dan power supply dengan tergangan yang berbeda, tergantung dari jenis kamera CCTV itu sendiri.

6. KABEL POWER

Kabel Power

Untuk jenis kabel ini Anda bisa menyesuaikan daya yang diperlukan oleh perangkat lain atau AC 220v ke adaptor dan power supply, hati-hati dan jangan terbalik. Kabel power terdiri dari 2 jenis yaitu NYA dan NYM. Yang membedakannya adalah ukurannya, NYA memiliki ukuran 2×1.5 mm sedangkan NYM memiliki ukuran 3×2.5 mm, disertai dengan instalasi pipa high impact conduit agar lebih aman.

7. TANG CRIMP

Tang Crimping

Ini adalah salah satu alat utama wajib ada dalam daftar perlengkapan CCTV Camera, Crimp merupakan sebuah tang pemotong kabel, keunikannya yang tak dimiliki jenis tang lain adalah, Crimp khusus di desain untuk memasang konektor BNC pada kabel coaxial. Anda bisa tidak menggunakan alat ini namun agak sukar, jika menggunakan ini maka tyerlihat lebih rapih dan cepat.

8. KABEL COAXIAL

Kabel Coaxial

Seperti yang sebelumnya disebutkan, kabel ini merupakan perantara sinyal video yang direkam melalui kamera pengintai, jenisnya ada beberapa, diantaranya adalah : – RG-59, untuk penggunaan jarak sekitar 750 kaki – RG-6, untuk penggunaan jarak 1000 kaki – RG-11, untuk penggunaan 1500 kaki atau lebih.

9. KONEKTOR RF

Konektor RF

Biasanya ini disebut sebagai Bayonet Neil Concelman (BNC) adalah sebuah alat konektor yang dipasang di ujung kabel coaxial, berfungsi sebagai penghubung antara CCTV Camera dengan Alat perekam (DVR).

Demikian tadi modul lengkap CCTV bagian pertama, tetap ikuti kami dan subscribe untuk terus mengetahui update terbaru seputar CCTV. Percayakan urusan CCTV kepada Manxigroup, toko jual cctv murah di solo. Melayani pemasangan CCTV murah di solo, sragen, karanganyar, sukoharjo, jember, kediri, purwokerto dan pengiriman untuk seluruh wilayah Indonesia.

Bagikan informasi tentang Modul Lengkap CCTV: Pengertian Dan Komponen CCTV (Part 1) kepada teman atau kerabat Anda.

Modul Lengkap CCTV: Pengertian Dan Komponen CCTV (Part 1) | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk Modul Lengkap CCTV: Pengertian Dan Komponen CCTV (Part 1)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 2.800.000
Ready Stock / BRJ200
STOK HABIS

Outlet Solo

SOLO 1
Jln. Bungur V RT 05/RW 6, No. 10, Punggawan, Banjarsari
(0271) 7881957

SOLO 2
Jl. Petoran No. 18, Jebres, Solo (Selatan Dealer Asia Motor)
0851 0051 2541

SOLO 3
Jl. Tunggulsari No. 5, Tunggulsari, Pajang, Laweyan, Solo
0851 0298 8890

Outlet Solo

SOLO 4
Jl. Thamrin, No. 67, Manahan, Solo
0851 0307 1795

ELKASA CARTRIDGE TONER
Ruko Emerald Jl. Mojo Karangasem, Laweyan, Surakarta
(0271) 728370

Outlet Luar Solo

SUKOHARJO
Jl. Samanhudi RT. 04/ RW. 02, Pokakan Kelurahan Jetis, Sukoharjo
0851 0377 1011

PURWOKERTO
Jalan Jendral Soedirman Timur, Berkoh (depan gardu induk PLN) Purwokerto Selatan
0852 2582 0919

JEMBER
Jalan panjaitan Gang 8 no. 121 Jember
0823 5226 8743
SIDEBAR