0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » 7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya

7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada 15 March 2017 oleh Admin Manxigroup

Manxi Group – Pusat Servis Printer Dan Toko Printer, Cartridge Toner, Tinta Murah. Di era digital saat ini, printer merupakan salah satu alat yang cukup penting untuk kehidupan manusia. Printer kini tidak hanya digunakan instansi-instansi tertentu saja, melainkan hampir semua instansi, bisnis UKM dan bahkan rumah biasa membutuhkan printer untuk kebutuhan mencetak dokumen yang diperlukan.

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer

Sebagai pengguna printer, pastinya sobat manxi sudah sering menemukan masalah-masalah yang terjadi saat pemakaian printer. Masalah yang biasa terjadi pada printer adalah seperti hasil cetak yang bergaris dan putus-putus, paper jam, tinta tidak keluar, dan lain sebagainya. Mungkin solusi paling cepat adalah dibawa ke ahlinya, atau ke pusat servis. Namun kini tidak perlu langsung dibawa ke pusat servis, disini kami akan memberikan informasi mengenal masalah pada printer dan cara mengatasinya. 7 masalah yang biasa terjadi pada printer yang akan kami sampaikan dibawah ini berlaku hanya untuk printer inkjet dan printer laser.

1. Kecepatan Cetak Yang Terlalu Lama

Jika sobat manxi pernah mengalami masalah kecepatan cetak printer begitu lambat? jangan buru-buru langsung di bawa ke pusat servis. Karena itu masalah yang mudah diperbaiki, tetaplah tenang dan coba lakukan cara berikut

Sobat manxi bisa meningkatkan kecepatan cetak dan menghemat tinta pada proses mencetak dengan cara menurunkan kualitas cetak. Ketika kualitas cetak menurun, otomatis kecepatan cetak menjadi lebih cepat dan pengeluaran tinta menjadi lebih hemat. Mungkin pengaturan tiap printer sangat berbeda-beda, tapi sebenarnya langkah-langkahnya sama saja. Pilih menu Print and Properties dan cari pengaturan untuk menurunkan kualitas cetak. Jika sobat manxi pengguna HP Photosmart 8450, sobat bisa mengaturnya secara instan dengan mengubah pengaturan Normal to Fast Draft. Cara lain yang bisa sobat gunakan untuk meningkatkan kecepatan cetak adalah sobat bisa mencoba untuk mencetak dokumen dari web tanpa menggunakan grafik, jadi hanya karakter saja, serta tambahkan RAM pada printer sobat.

2. Boros Tinta

Masalah yang biasa terjadi pada printer berikutnya adalah tinta yang keluar terus sehingga menjadikan boros tinta. Padahal biasa untuk tinta sendiri juga tidak murah, hal ini bisa disebabkan karena salah pemilihan cartridge. Pilihlah cartridge yang memiliki kapasitas yang tinggi jika intensitas cetak sobat besar, salah satunya bisa menggunakan ELKASA Cartridge yang sudah teruji dan terpercaya.

3. Windows Mengirimkan Tugas Cetak Ke Printer Yang Salah

Hal ini biasa terjadi ketika memiliki lebih dari 1 printer untuk mencetak berbagai dokumen. Terkadang Windows melakukan kesalahan dalam mengirimkan data yang akan dicetak, sehingga dokumen yang ingin dicetak tidak keluar dengan menggunakan printer yang dituju.

Cara mengatasi masalah ini dengan melakukan set default salah satu printer untuk menjadi printer utama jika ingin mencetak dokumen. Caranya klik Icon Windows > Device and Printers > Pilih Printer dan Klik Kanan > pilih Set as default printer.

4. Hasil Cetak Printer Bergaris Dan Putus-Putus

Untuk masalah ini kami sudah membahasnya pada artikel sebelumnya, silahkan klik disini untuk mempelajarinya.

5. Muncul Peringatan Tinta Habis Pada Printer, Padahal Belum Habis

Ini mungkin masalah yang menjengkelkan pada printer, terkadang software dari printer memberikan peringatan bahwa tinta habis, padahal sebenarnya tinta masih belum habis dan masih banyak. Ini memang masalah yang sering terjadi para printer inkjet dan cara untuk mengatasi masalah ini bisa dengan cara reset pada cartridge. Ini cukup beresiko karena reset pada cartridge mengakibatkan printer memuat ulang pengaturan awal pada printer.

6. Kecepatan cetak printer wireless sangat lambat

Jika printer wireless tidak bertemu dengan konektivitas yang sama sudah sewajarnya akan terjadi masalah seperti ini. Tapi dengan menggunakan printer wireless sobat mendapatkan keuntungan berlebih, hanya saja sobat memerlukan sedikit tenaga lebih untuk melakukan pengaturan pada awalnya.

Untuk mendapatkan performa terbaik dari printer wireless ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan seperti, jumlah pengguna yang terhubung, jarak penggunaan printer tersebut dan interface koneksi yang harus disesuaikan. Printer wireless mungkin lebih nyaman ketika digunakan dalam rumah maupun kantor, namun perlu diingat bahwa printer wireless memiliki jumlah pengguna yang terbatas, setidaknya sobat harus mengatur siapa saja pengguna yang bisa mengakses printer ini.

Selain jumlah pengguna, jarak juga mempengaruhi kinerja printer wireless. Semakin jauh printer tersebut dengan router atau PC sobat, maka akan semakin lama pula transfer data yang terjadi dan semakin lama transfer data yang ada maka akan semakin lama pula kecepatan cetak dari printer. Terakhir, kompatibilitas interface Wi-Fi printer dengan router atau PC juga mendukung kecepatan cetak printer.

7. Gunakan Tinta Yang Bagus

Menggunakan tinta yang baik dan terpercaya sangat kami rekomendasikan untuk tetap membuat cartridge dan printer tahan lama. Jika sobat saat ini sedang menggunakan tinta murah dan abal-abal, sebaiknya berhenti dan beralih ke tinta terpercaya sebelum printer rusak. Sebagai solusinya sobat bisa menggunakan Tinta Manxi.

Itulah tadi 7 masalah yang biasa terjadi pada printer dan cara mengatasinya. Jika memang kerusakan pada printer sobat sudah memang benar-benar parah silahkan bawa pusat servis.

Bagikan informasi tentang 7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya kepada teman atau kerabat Anda.

7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk 7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 990.000
Ready Stock / CAMP287

Outlet Solo

SOLO 1
Jln. Bungur V RT 05/RW 6, No. 10, Punggawan, Banjarsari
(0271) 7881957

SOLO 2
Jl. Petoran No. 18, Jebres, Solo (Selatan Dealer Asia Motor)
0851 0051 2541

SOLO 3
Jl. Tunggulsari No. 5, Tunggulsari, Pajang, Laweyan, Solo
0851 0298 8890

Outlet Solo

SOLO 4
Jl. Thamrin, No. 67, Manahan, Solo
0851 0307 1795

ELKASA CARTRIDGE TONER
Ruko Emerald Jl. Mojo Karangasem, Laweyan, Surakarta
(0271) 728370

Outlet Luar Solo

SUKOHARJO
Jl. Samanhudi RT. 04/ RW. 02, Pokakan Kelurahan Jetis, Sukoharjo
0851 0377 1011

PURWOKERTO
Jalan Jendral Soedirman Timur, Berkoh (depan gardu induk PLN) Purwokerto Selatan
0852 2582 0919

JEMBER
Jalan panjaitan Gang 8 no. 121 Jember
0823 5226 8743
SIDEBAR