0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » Mengenal Jenis-Jenis Printer (Part II)

Mengenal Jenis-Jenis Printer (Part II)

Diposting pada 23 March 2017 oleh Admin Manxigroup

Jenis Printer Berdasarkan Fungsinya

1. Printer Single Function

Jenis printer yang fungsinya hanya berfungsi untuk pencetakan dokumen tanpa ada tambahan fungsi lainnya. Harga printer ini relatif murah karena hanya satu fungsi saja.

2. Printer Multifunction

Jenis printer yang fungsinya tidak hanya untuk pencetakan dokumen saja tetapi ada fitur tambahan untuk fungsi yang lain seperti fungsi Copy, Scan, Fax, dll. Harga printer ini relatif lebih mahal dibandingkan yang printer single function.

Printer Multifungsi

Jenis Printer Berdasarkan Ukuran Media Dan Jenis Media

1. Printer Small Size

Jenis printer yang memiliki kemampuan untuk pencetakan media kertas atau sejenisnya dengan area cetak berkisar lebar media 215mm dan panjang 330mm atau kurang dari 1000mm.

2. Printer Medium Size

Memiliki area cetak antara lebar 310mm (A3) atau lebih

3. Printer Large Size

Jenis printer yang mempunyai area cetak lebih dari ukuran kertas A3 yang biasa disebut Printer Plotter. Jenis printer large size sering digunakan untuk printing kebutuhan outdoor atau digital printing.

4. Printer Specific Size

Jenis printer yang area cetaknya hanya dikhususkan untuk ukuran tertentu seperti struk ATM, kartu nama, kaos, dsb.

Jenis Supplay Printer

1. Inkjet Cartridge

InkJet Cartridge

Berupa tabung atau wadah tempat dimana tinta diisikan, biasanya terdapat sebuah chip indikator untuk menunjukkan kapasitas level tinta yang terkandung didalam. Cartridge ini bisa di isi berulang kali dengan memasukkan tinta kedalam dan harus direset chip level tintanya. Atau untuk saat ini sudah ada sistem infus yang memungkinkan chip level otomatis bertambah dengan sendirinya. Merk printer yang menggunakan inktank cartridge diantaranya Epson, Canon, HP, Brother.

2. Printhead Inkjet Cartridge

Printhead Inkjet Cartridge

Berupa tabung tinta tempat isi tinta sekaligus sebagai head atau penyemprot tinta. Jenis ini bisa diisi ulang namun indikator levelnya tidak dapat bertambah. Merk printer yang memakai sistem ini adalah HP, Canon, Lexmark.

3. Ribbon Cartridge

Ribbon Cartridge

Berupa gulungan pita yang mengandung tinta. Biasa digunakan untuk jenis printer dotmatrix.

4. Ribbon Film

Ribbon FilmSupply tinta yang digunakan pada printer thermal. Jenis ini sekali pakai tidak bisa diisi ulang.

5. Toner Cartridge

ELKASA_Cartridge_Toner_EL_7551A

Jenis supply tinta yang digunakan untuk printer laserjet, berisi serbuk hitam (toner). Selain berisi toner di dalam toner cartridge terdapat sparepart penyusun cartridge diantaranya:

  • Drum/ Photoconductor: berupa roll tabung yang terbuat dari selongsong alumunium yang permukaannya dilapisi bahan photoconductor. Berfungsi untuk menangkap karakter yang ditembakkan oleh sinar laser pada printer dan tempat menempelnya serbuk toner yang paling vital dan sensitif dari sinar matahari, goresan, minyak, dsb.
  • Magnet Sleeve / Roll Magnet: berfungsi untuk menarik toner
  • PCR: berupa karet roll/ kawat corona yang berfungsi untuk menetralkan drum.
  • Doctor Blace: karet untuk mengatur ketebalan toner
  • Wiper Blade: karet wiper untuk membersihkan drum

Cartridge toner sendiri sebenarnya sudah disediakan oleh produsen pembuat printer, cartridge jenis ini dinamakan cartridge OEM (Original Equipment Manufacture) atau lebih sering dikenal dengan istilah cartridge original. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa harga cartridge original cukup mahal, bahkan biasanya hanya selisih sedikit dari harga engine printer, hal ini memacu timbulnya produk-produk cartridge alternatif sebagai pengganti cartridge original, salah satu contohnya adalah Elkasa Cartridge yang sudah teruji serta terdaftar di Dirjen HAKI Republik Indonesia.

1. Refill Atau Isi Ulang

Adalah jasa pengisian ulang toner pada cartridge yang sudah habis serbuk tonernya, kualitas produk refill adalah yang terendah. Penggantian komponen pada jasa refill dimungkinkan apabila ada ijin dan persetujuan dari pemilik cartridge.

2. Cartridge Rekondisi

Adalah cartridge yang diproduksi dari cartridge bekas yang sudah habis, tetapi hanya diperbarui tonernya saja tanpa disertai penggantian sparepart. Biasanya sistem penjualannya dengan cara ditukarkan dengan cartridge konsumen yang sudah habis.

Cartridge rekondisi merupakan produk yang siap pakai, sudah dilengkapi dengan packing dan bisa didistribusikan ke konsumen dengan jarak yang terbatas. Kualitas produk ini setara dengan produk refill tetapi harganya sedikit lebih mahal dari produk refill.

3. Cartridge Remanufacture

Adalah cartridge yang diproduksi dari cartridge bekas yang diproduksi ulang, menggunakan casing lama dan 30-50% sparepart baru. Standart kualitas cetaknya setara dengan original.

Produk ini juga merupakan produk siap pakai yang sudah dipacking dan dapat didistribusikan ke konsumen tanpa batasan jarak. Karena sistem penjualannya adalah jual lepas, tanpa harus ditukar dengan cartridge bekas seperti halnya cartridge rekondisi.

4. Cartridge Compatible

Adalah cartridge yang diproduksi dengan 100% sparepart dan casing baru. Kualitas produk ini setara dengan produk original dari sisi kualitas. Sistem penjualannya sama persis dengan cartridge remanufacture yaitu dengan cara jual lepas.

Bagikan informasi tentang Mengenal Jenis-Jenis Printer (Part II) kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Jenis-Jenis Printer (Part II) | MANXIGroup.com

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Jenis-Jenis Printer (Part II)

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:

Outlet Solo

SOLO 1
Jln. Bungur V RT 05/RW 6, No. 10, Punggawan, Banjarsari
(0271) 7881957

SOLO 2
Jl. Petoran No. 18, Jebres, Solo (Selatan Dealer Asia Motor)
0851 0051 2541

SOLO 3
Jl. Tunggulsari No. 5, Tunggulsari, Pajang, Laweyan, Solo
0851 0298 8890

Outlet Solo

SOLO 4
Jl. Thamrin, No. 67, Manahan, Solo
0851 0307 1795

ELKASA CARTRIDGE TONER
Ruko Emerald Jl. Mojo Karangasem, Laweyan, Surakarta
(0271) 728370

Outlet Luar Solo

SUKOHARJO
Jl. Samanhudi RT. 04/ RW. 02, Pokakan Kelurahan Jetis, Sukoharjo
0851 0377 1011

PURWOKERTO
Jalan Jendral Soedirman Timur, Berkoh (depan gardu induk PLN) Purwokerto Selatan
0852 2582 0919

JEMBER
Jalan panjaitan Gang 8 no. 121 Jember
0823 5226 8743
SIDEBAR