Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel Terbaru » PILIH YANG MANA NIH, PRINTER INKJET ATAU LASERJET?

PILIH YANG MANA NIH, PRINTER INKJET ATAU LASERJET?

Diposting pada 21 December 2018 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 17 kali

PRINTER INKJET ATAU LASERJET ? BINGUNG MEMILIH PRINTER YANG TEPAT UNTUK ANDA ?

inkjet atau laserjet

Printer adalah sebuah piranti keras yang berfungsi untuk mencetak dokumen. Terdapat beberapa jenis printer yang sudah banyak beredar dipasaran dan mungkin sudah sering kalian gunakan. Diantara semua jenis printer, Inkjet dan Laserjet adalah dua dari beberapa jenis printer yang banyak digunakan lho. Terus, apa sih keunggulan dua jenis printer tersebut? Kenapa banyak yang pakai? Kalau disuruh milih, kira-kira pilih yang mana ya? Inkjet atau laserjet? Dari pada bingung, mending kamu simak deh 5 hal yang harus kamu pertimbangkan berikut dalam memilih printer inkjet atau laserjet. Check this out!

  1. Biaya Awal

Walaupun saat ini tidak sedikit printer laserjet yang memiliki rating harga hampir sama dengan printer inkjet. Kamu harus tetap mempertimbangkan terlebih dulu budget dan kondisi keuanganmu, karena tentunya bukan hanya printernya saja yang akan kamu beli, tetapi juga consumable seperti cartridge ataupun isi ulangnya. Biasanya isi tinta starterpack dalam printer juga tidak terisi full. Sehingga saat kamu membeli printer baru, pastikan kamu juga harus membeli consumable suppliesnya juga ya.

  1. Biaya Pasca Pembelian

Setelah penggunaan yang cukup lama, tentunya tinta atau toner kamu juga akan mengalami pengurangan hingga mencapai habis. Dari sini, kamu harus mempersiapkan kebuthan operasional printing. Biaya operasional printer ini juga disebut Cost PerPage. Kamu bisa menghitungnya dengan menggunakan rumus “Harga TINTA atau TONER” dibagi “Jumlah hasil cetak”. Hal ini belum termasuk biaya kertas yang dipakai.

  1. Kualitas dan Kecepatan Cetak

Printer Laserjet sangat direkomendasikan jika kamu sering mencetak dokumen teks hitam putih saja. Meskipun yang kamu pakai hanyalah printer laserjet monochrome yang harganya murah, namun kecepatan cetaknya dapat menembus 20 ppm. Sedangkan inkjet hanya berkisar 6 ppm.

Untuk ukuran cetak normal (sekitar 12pt dan lebih besar) kualitas pencetakan teks serupa antara platform cetak laser dan inkjet. Namun, apabila kamu memiliki kebutuhan cetak yang termasuk mencetak huruf kecil maka laser biasanya lebih unggul daripada printer inkjet, karena teknologi peleburan lebih baik cocok untuk kurva menit dan titik-titik teks kecil.

  1. Cetak warna dan kualitas cetak warna

Kalau kamu sering mencetak foto baik yang berwarna entah satu halaman penuh ataupun chart, sebaiknya printer yang kamu pakai adalah printer inkjet. Printer laser warna sering kali Bulky dan biaya yang akan muncul cukup mahal. umumnya tidak cocok untuk digunakan di rumah atau kantor kecil.

Jika dibandingkan soal kualitas cetak warna, Inkjet warna lebih unggul dari pada laser warna. Printer inkjet warna menghasilkan gradasi warna yang jauh lebih baik dan halus, sedangkan printer laser menampilkan garis (perubahan berbeda dalam saturasi warna).

  1. Ukuran

Menciptakan tatanan ruang kerja yang comfortable dan pas biasanya menjadi salah satu faktor untuk menentukan printer jenis apa yang akan kamu pilih. Jika kamu didalam sebuah ruangan yang minimalis dan ingin meletakan printer kamu diatas ataupun dibawah meja, maka akan sulit bila inkjet adalah pilihan kamu. Apabila kamu tidak membutuhkan scan ataupun copy, laserjet single function mungkin akan menjadi alternatif yang pas untuk kamu.

Jika kamu punya budget gede dan hanya cetak dokumen hitam putih saja yang kamu butuhkan, maka laserjet adalah solusimu.

Printer inkjet memang memiliki keunggulan pada kualitas cetak fotonya, selain itu printer ini sangat cocok digunakan oleh pengguna rumahan. Tapi, ada tapinya nih, ternyata printer ini mempunyai ongkos supplies atau consumable dan operasional yang  cenderung lebih mahal. Disisi lain, soal kecepatan cetak printer jenis ini masih kalah sama printer laserjet.

Jadi, Apa pilihanmu? Inkjet? Laserjet?

Bagikan informasi tentang PILIH YANG MANA NIH, PRINTER INKJET ATAU LASERJET? kepada teman atau kerabat Anda.

PILIH YANG MANA NIH, PRINTER INKJET ATAU LASERJET? | MANXIGroup.com

2 komentar untuk PILIH YANG MANA NIH, PRINTER INKJET ATAU LASERJET?

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
Rp 1.300.000
Ready Stock
SIDEBAR