0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » Tips Merawat Printer Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Tips Merawat Printer Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Diposting pada 17 March 2017 oleh Admin Manxigroup

Manxi Group – Toko Printer Dan Cartridge Murah. Tips merawat printer dengan benar dan baik agar tidak rusak sebenarnya mudah dan sederhana, hal ini kurang lebih hampir sama seperti yang ada di buku panduan yang sobat manxi dapatkan dalam setiap pembelian printer. Hanya saja, mungkin sudah menjadi kebiasaan buruk manusia, ketika membeli barang baru langsung memakai barang tersebut tanpa memperdulikakan hal-hal yang harusnya diketahui lebih dulu sebelum memakainya melalui buku pedoman.

Maka benar bila disebut dengan penyesalan datangnya dibelakang, hal ini akan dirasa manakala printer yang selalu dipakai mulai bermasalah. Kerusakan-kerusakan pada printer bisa saja mengenai cartridge yang rusak, tinta yang buruk, paper jam, cartridge tidak terdeteksi dan lain-lain. Untuk mengurangi resiko kerusakan pada printer sebaiknya sobat manxi melakukan perawatan printer dengan benar dan baik agar printer tidak mudah rusak. Berikut ini tips merawat printer dengan benar

1. Menjaga Roller Dan Tempat Masuk Kertas

Menjaga Roller Dan Tempat Masuk Kertas

Menjaga kebersihan roller dan tempat masuk kertas adalah hal yang penting namun banyak dilupakan kebanyakan orang. Kesalahan fatalnya adalah sering meninggalkan sisa kertas setelah selesai memakai printer. Sisa kertas yang ditinggalkan akan berdebu dan kotor, lalu kalian gunakan lagi untuk mencetak dokumen dan kotoran yang menempel pada kertas juga akan menempel pada roller sehingga menyebabkan roller cepat aus. Hal ini jika berlangsung terus-menerus dan lama maka bisa menyebabkan printer susah untuk membaca dan menyalurkan kertas.

2. Menjaga Kebersihan Printer Dan Area Sekitar Printer

Menjaga Kebersihan Printer

Menjaga kebersihan printer dan area di sekitarnya juga merupakan hal yang penting, karena pada dasarnya printer sangat sensitif terhadap debu dan kotoran atau benda asing yang masuk ke dalam printer. Jadi alangkah sebaiknya printer selalu dalam keadaan tertutup jika tidak terpakai.

Sebagai contohnya pada tabung tinta, pastinya sobat pernah membuka penutup karet bagian atas tabung. Jika sobat tidak menutupi bagian atasnya dengan pelindung maka tabung akan dapat dengan mudah kemasukan debu dan kotoran akibatnya membuat tinta menjadi menggumpal. Dan jika gumpalan tersebut masuk ke dalam printer dan di proses ke cartridge akan menyebabkan cartridge tersumbat. Maka sangat penting untuk menjaga kebersihan printer dan area di sekitar printer.

3. Pemakaian Printer Yang Teratur

Pemakaian Printer Yang Teratur

Mencetak banyak dokumen dalam sekali print juga sangat tidak dianjurkan karena akan cepat merusak cartridge, sebaiknya jika sobat ingin mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak alangkah baiknya dibagi menjadi beberapa skala. Hal ini agar cartridge tidak bekerja terlalu keras. Kekhawatiran untuk jarang menggunakan printer juga tidak disarankan karena akan menyebabkan tinta kering sehingga bisa menyebabkan tersumbatnya aliran tinta ke cartridge.

Setidaknya dalam satu minggu sekali sobat melakukan printer untuk menjaga tinta agar tidak menggumpal. Jika sampai menggumpal dan menyumbat nozzle maka hasil cetak akan bergaris atau putus-putus.

4. Pengisian Tinta Berkala Pada Tabung Atau Cartridge

Pengisian Tinta Berkala Yang Benar

Tidak dipakai maupun digunakan terus menerus tetaplah akan mengkonsumsi tinta, terlebih lagi jika sobat sering melakukan head cleaning pada printer. Tentu hal tersebut akan membuang tinta yang banyak sehingga konsumsi tinta cepat habis. Dan usahakan jangan sampai lupa untuk tidak mengisi tinta, karena jika banyak ruang kosong pada tabung bisa mengakibatkan ruang untuk udara masuk menyelinap ke selang pengisian tinta. Dan hal ini akan membuat jalannya tinta tidak sempurna. Jadi pastikan jangan sampai terlewat untuk mengisi tinta secara berkala.

5. Cara Mematikan Printer Yang Benar

Cara Mematikan Printer Yang Benar

Proses mematikan printer yang benar adalah dengan menekan tombol power (on/off) yang terdapat pada printer. Cara ini sekaligus akan menjaga performa printer selalu baik karena dengan mematikan melalui tombol power membuat printer secara otomatis akan membersihkan head printer sebelum kembali ke tempat semula. Keuntungannya akan membuat head cartridge selalu terjaga kebersihannya dari debu dan kotoran.

Jangan sekali-kali untuk mematikan printer dengan mencabut kabel listrik secara langsung ataupun saat proses pembersihan belum selesai, hal itu akan menyebabkan head berhenti secara tiba-tiba di bagian tengah sehingga dapat merusak head cartridge.

Demikian telah kami sampaikan 5 tips merawat printer dengan benar agar printer tetap awet dan tidak mudah rusak. Sebagai tambahan juga untuk menunjang hasil cetak printer yang bagus dan berkualitas selalu gunakan premium cartridge dan tinta printer terpercaya.

Bagikan informasi tentang Tips Merawat Printer Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak kepada teman atau kerabat Anda.

Tips Merawat Printer Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak | MANXIGroup.com

Komentar dinonaktifkan: Tips Merawat Printer Dengan Benar Agar Tidak Mudah Rusak

Maaf, form komentar dinonaktifkan.

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Rp 2.800.000
Ready Stock / BRJ200
Popular!
Rp 1.300.000
Ready Stock
Limited Edition
Rp 1.440.000
Ready Stock / HPGT5810

Outlet Solo

SOLO 1
Jln. Bungur V RT 05/RW 6, No. 10, Punggawan, Banjarsari
(0271) 7881957

SOLO 2
Jl. Petoran No. 18, Jebres, Solo (Selatan Dealer Asia Motor)
0851 0051 2541

SOLO 3
Jl. Tunggulsari No. 5, Tunggulsari, Pajang, Laweyan, Solo
0851 0298 8890

Outlet Solo

SOLO 4
Jl. Thamrin, No. 67, Manahan, Solo
0851 0307 1795

ELKASA CARTRIDGE TONER
Ruko Emerald Jl. Mojo Karangasem, Laweyan, Surakarta
(0271) 728370

Outlet Luar Solo

SUKOHARJO
Jl. Samanhudi RT. 04/ RW. 02, Pokakan Kelurahan Jetis, Sukoharjo
0851 0377 1011

PURWOKERTO
Jalan Jendral Soedirman Timur, Berkoh (depan gardu induk PLN) Purwokerto Selatan
0852 2582 0919

JEMBER
Jalan panjaitan Gang 8 no. 121 Jember
0823 5226 8743
SIDEBAR