"> Istilah di Dunia Printer Part 3 - Manxigroup.com - Toko Printer Murah
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 3)

INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 3)

Diposting pada 12 July 2022 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 35 kali

MANXIGROUP.COM – Istilah di Dunia Printer Part 3 / end. Pada bagian satu artikel INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 1) dan bagian dua artikel INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 2) sebelumnya sudah kita bahas kategori printer dan komponen yang ada di printer tersebut yang wajib kita ketahui. Nah di artikel berikut ini akan kita bahas apa saja istilah teknis yang mungkin manxivers sering dengar tapi tidak tahu artinya.

So let’s check it out!

1.    Print Speed

Print speed atau kecepatan cetak merupakan pengukuran terhadap seberapa cepat printer itu mengeksekusi perintah cetak dari komputer sampai dengan dokumen tersebut selesai tercetak permenitnya. Satuan pengukuran kecepatan cetak ini dikenal dengan ppm (page per minute) dan ipm (image per minute).

2.    IPM, PPM

Seperti yang sudah disebutkan diatas, ipm dan ppm merupakan satuan dari kecepatan cetak suatu printer. Perbedaan keduanya terletak pada pengujian yang dilakukan. Ppm atau page per minute menggunakan standar pengujian yang ditentukan sendiri oleh vendor atau produsen printer tersebut, sehingga hasilnya bisa berbeda  di tiap produsen tersebut dan tentu saja sifatnya lebih subjektif.

Sedangkan ipm atau image per minute menggunakan pengujian dengan standar ISO (International Organization for Standardization) yang lebih bisa dipertanggungjawabkan karena metode dan dokumen pengujiannya sudah ditentukan sehingga hasilnya lebih bersifat objektif. Ada perbedaan dalam penerapan standar ISO yang digunakan dalam pengujian kecepatan cetak dan kecepatan salin / copy. Kecepatan cetak menggunakan ISO 24734, sedangkan kecepatan salin menggunakan ISO 29183.

3.    Resolusi Cetak

Resolusi cetak secara umum dapat diartikan sebagai tingkat kualitas dari teks atau gambar pada dokumen  yang akan dicetak. Satuan dari resolusi cetak dikenal dengan dpi atau dots per inch. DPI atau dots per inch ini adalah jumlah titik tinta per inci linier yang dikeluarkan oleh sebuah printer.

Jadi nilai besaran dpi ini berpengaruh dengan ketajaman suatu gambar yang dihasilkan. Semakin tinggi nilai dpi (yang berarti jumlah titiknya semakin banyak) maka hasil teks atau foto yang dicetak juga akan semakin tajam dan jelas. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah nilai dpi, maka foto atau teks tersebut akan terlihat buram.

4.    Page Yield

Page yield atau hasil halaman adalah perkiraan jumlah halaman yang dapat dicetak dengan kartrid atau toner printer. Page yield ini ditentukan dengan menjalankan serangkaian tes mengikuti prosedur yang telah ditentukan oleh ISO.

Pengukuran dilakukan dengan mencetak halaman dengan cakupan halaman (page coverage) 5% hingga kartrid toner atau tinta itu habis. Namun jumlah page yield yang sebenarnya akan bervariasi tergantung pada apa yang akan manxivers cetak seperti cakupan toner/tinta dokumen, jumlah halaman per pekerjaan, ukuran kertas, frekuensi penggunaan printer, suhu, dsb.

5.    Simplex dan Duplex Printing

Simplex dan duplex printing merupakan salah satu metode dalam melakukan pencetakan. Intinya, untuk simplex printing berarti kita mencetak pada satu sisi kertas saja, sedangkan duplex printing adalah kemampuan untuk mencetak di dua sisi kertas atau cetak secara bolak-balik. Untuk pencetakan dua sisi secara otomatis  disebut sebagai auto duplex printing.

6.    Wi-Fi Direct dan NFC

Wi-Fi direct pada printer ini memungkinkan perangkat dengan kemampuan wifi seperti smartphone, tablet, atau laptop untuk langsung terhubung dengan printer melalui jaringan nirkabel (wireless) tanpa melalui router atau access point.

Beberapa printer kelas atas selain fitur Wi-Fi direct, disematkan juga fitur NFC atau Near Field Communication dimana cara kerjanya hampir mirip dengan wi-fi atau bluetooth tetapi dengan teknologi yang bernama RFID. Cara kerjanya, manxivers tinggal mendekatkan perangkat yang sudah memiliki NFC (misalnya smartphone) ke printer baik untuk cetak dan sebagainya.

7.    Paper Jam

Masalah yang sering dihadapi oleh pengguna printer yaitu paper jam atau kertas macet atau menyangkut. Penyebab paper jam ini bisa bermacam-macam antara lain:

  • Penempatan kertas yang tidak benar misalnya miring
  • Jenis media kertas yang terlalu tebal atau tipis, ukuran yang tidak sesuai, atau jumlah kertas yang terlalu banyak di baki inputnya
  • Kertas sudah lecek, robek, atau ujungnya terlipat
  • Ada benda kecil yang tersangkut seperti staples, clip, dan sebagainya
  • Roll kertas di dalam printer yang kotor

Untuk menghindari adanya paper jam, manxivers juga perlu melakukan perawatan printer secara berkala agar performa printer selalu terjaga.

8.    Nozzle Check

Nozzle merupakan lubang kecil tempat keluarnya tinta pada print head atau cartridge. Fungsi dilakukannya nozzle check ini adalah untuk mendapatkan informasi perihal hasil cetakan.

Alasan utama untuk melakukan nozzle check secara berkala yaitu agar kondisi nozzle selalu terpantau, mendapatkan hasil cetak yang lebih baik, dan agar mengetahui kualitas warna yang ideal.

Ketika kita memeriksa hasil nozzle check dan ternyata ada yang kurang baik, misal ada blok warna yang terputus, langkah selanjutnya adalah melakukan print head cleaning.

9.    Cleaning / Print Head Cleaning

Proses cleaning atau print head cleaning dilakukan setelah kita melakukan nozzle check. Proses ini diperlukan ketika hasil dari nozzle check terlihat tidak baik seperti ada blok warna yang hilang.

Fungsi dan tugas dari print head cleaning ini yaitu untuk membuang dan membersihkan tinta yang mengendap dan menggumpal di bagian nozzle cartridge atau printhead. Sehingga tinta bisa keluar secara lancar dan sempurna agar hasil cetakan sesuai dengan yang diinginkan.

10.    Duty Cycle / Siklus Kerja

Setiap printer sejatinya memiliki apa yang disebut dengan monthly duty cycle alias siklus kerja perbulan. Duty cycle ini merupakan jumlah halaman maksimal yang bisa dicetak per bulan dengan kondisi pemakaian normal.

Masing-masing printer memiliki duty cycle yang berbeda-beda mulai dari ratusan hingga puluhan ribu halaman tergantung jenis printer tersebut. Biasanya setiap produsen printer juga memiliki rekomendasi volume cetak perbulan atau recommended monthly print volume agar bisa menjaga performa printer berjalan sebagaimana mestinya.

11.    Refill

Refill atau isi ulang merupakan proses pengisian kembali baik tinta maupun toner baik dilakukan sendiri maupun oleh jasa service printer. Pengisian ulang tinta mungkin biasa dilakukan sendiri dan caranya cukup mudah, tetapi khusus untuk refill cartridge toner dibutuhkan tenaga ahli yang terpercaya karena bisa berhubungan dengan spare part yang ada dibagian dalam cartridge tersebut.

Untuk jasa refill toner maupun tinta bisa menghubungi Manxi Printer terdekat karena kami sudah dipercaya dari 2006 dalam melakukan berbagai macam service yang berhubungan dengan printer.

Sekian dulu artikel mengenai apa saja istilah-istilah dalam dunia printer yang wajib kamu ketahui bagian ketiga ini. Bagi yang masih penasaran atau ada pertanyaan silakan tulis di kolom komentar atau bisa juga kita diskusi melalui nomor WA kami di 0895-2978-8808. Cek juga artikel sebelumnya di sini dan disini

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 3) kepada teman atau kerabat Anda.

INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 3) | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 3)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / EPL1800
SIDEBAR