0852-9360-0213

( pcs) Checkout

Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Selamat datang di Manxigroup. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Happy Shopping~
Beranda » Artikel Terbaru » Modul Lengkap CCTV: Jenis-Jenis Kamera CCTV (Part 2)

Modul Lengkap CCTV: Jenis-Jenis Kamera CCTV (Part 2)

Diposting pada 19 May 2017 oleh Admin Manxigroup

Manxigroup.com РPusat CCTV Solo Murah. Sebenarnya cara yang paling praktis dalam menentukan kualitas kamera CCTV adalah dengan mencobanya secara langsung. Namun sayangnya hal ini jarang dilakukan oleh vendor maupun distributor kamera CCTV, sebagai gantinya mereka menyediakan brosur atau media online (sosial media, website) untuk dipelajari lebih dahulu sebelum membeli kamera CCTV. Tidak jarang pula vendor menjelaskan produk kamera CCTV melalui sales maupun chatting by Smartphone.

Dalam menjelaskan kamera CCTV biasanya vendor memulai dari jenis bentuk kamera CCTV, seperti sekarang ini kami akan menyampaikan jenis bentuk kamera CCTV yang biasa dipakai oleh konsumen.

1. Standart Camera (Box Camera)

jenis bantuk kamera cctvJenis bentuk kamera CCTV yang pertama adalah standart camera atau box camera. Pada umumnya kamera CCTV jenis ini dijual belum termasuk lensa, sehingga vendor menawarkan banyak pilihan yang tergantung jenis lensanya. Misalnya, box camera dengan lensa standard 4 mm (fixed iris) cocok dipakai untuk lokasi-lokasi publik, seperti: Lobby hotel, areal parkir, lobby bank (banking hall), ruang tunggu tamu dan area lain seperti itu. Sedangkan lensa 12mm auto-iris (bisa) dipakai untuk: koridor hotel, pintu masuk parkir basement, selasar dan area-area berbentuk panjang dan sempit lainnya.

2. Dome Camera

jenis bantuk kamera cctvDome camera adalah jenis kamera yang cocok digunakan di dalam ruangan (indoor), karena bentuknya yang tidak mencolok. Warna casing biasanya hitam atau putih, sehingg tidak memancing perhatian orang lain atau minimal sulit diketahui oleh orang yang hendak berniat jahat. Dome terbaru memiliki pengaturan 3-axis. Jadi posisi dome bisa dipasang bebas (miring, tegak, bahkan dipasang di dinding), tanpa khawatir gambarnya “terbalik”, karena camera di dalamnya bisa diputar-putar ke arah yang sesuai.

3. Bullet Camera

jenis bantuk kamera cctvBullet camera ada yang indoor ataupun outdoor. Aplikasinya disesuaikan dengan keadaan sekitar, sehingga belum tentu cocok di ruangan dengan estetika tinggi. Kebanyakan jenis ini dipasang di outdoor dan sudah dilengkapi dengan lampu infra merah (infra red lights) agar menghasilkan gambar hitam-putih yang jelas dalam jarak tertentu, walaupun kondisi di sekitarnya gelap total.

4. Miniatur Camera

jenis bantuk kamera cctvBiasanya orang menggunakan kamera CCTV jenis ini ditempatkan ditempat rahasia untuk merekam gerak-gerik tertentu dalam suatu ruangan. Contohnya saja mengamati karyawan yang dicurigai “curang” dalam bekerja atau mengamati tamu. Untuk itu, camera ini ditempatkan di balik “sesuatu”, misalnya lukisan, almari, pajangan dan lainnya. Bahkan ada yang memasangnya di balik jam dinding karena bentuknya juga yang kecil sehingga secara kasat mata tidak terlihat.

5. Kamera IP (IP Cam)

jenis kamera pengintaiKamera jenis ip / network baik itu dengan kabel ataupun wireless kabel dapat dipasang dengan mudah, rata-rata ip camera mempunyai tingkat resolusi gambar yang lebih tinggi dibandingkan kamera cctv analog, namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam penggunaan ip kamera seperti area lokasi yang akan dipasang ip cam tipe wireless harus tercover jaringan wireless internet, dan untuk tipe ip camera dengan kabel jarak penarikan kabel ke switch hub / router hanya 80-100 meter dengan menggunakan kabel utp. Kamera IP tengah populer dibandingkan dengan jenis kamera cctv analog lainnya.

6. PTZ Camera atau Speed Dome Camera

PTZ CameraPTZ adalah singkatan dari PAN TILT ZOOM, PAN kemampuan kamera untuk dapat bergerak ke kiri dan ke kanan, TILT kemampuan kamera dapat bergerak ke atas dan kebawah, ZOOM kemampuan kamera untuk memperbesar gambar hingga beberapa kali lipat, jenis kamera PTZ biasa digunakan untuk memantau wilayah yang luas dengan menggunakan 1 kamera, ini memudahkan pengawas cctv dalam memonitoring dengan menggunakan 1 kamera, karena ptz camera dapat berputar otomatis atau secara manual digerakan melalui controller.

7. Board Camera

jenis bantuk kamera cctv

Board camera merupakan bagian dari miniatur camera atau juga bisa bagian dalam dari dome camera. Kamera jenis ini ditujukan untuk penggunaan tersembunyi, tidak mengetahui keberadaan kamera ini. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang berbentuk seperti smoke detector, jam dinding, lampu, bahkan pemancar air. Biasanya kamera ini dikenal juga dengan kamera pengintai.

8. Day/Night Camera

Jenis Kamera CCTVKamera tipe day/night merubah berbagai kondisi cahaya untuk dapat disesuaikan dengan sinar matahari langsung, backlight yang kuat, refleksi memilik dynamic range yang luas, kegunaan day/night kamera biasanya dipasang pada lokasi yang mempunyai pencahayaan yang berlebihan dan pada malam hari mempunyai cahaya yang cukup.

9. Spy Camera

Spy CameraDinamakan spy camera atau convert camera karena memang ditujukan untuk memata-matai, bentuknya dalam berbagai variasi : jam, smoke detector, pulpen dan masih banyak lagi.

10. Wireless Camera

Wireless Camera

Tidak semua kamera wireless cctv berbasis IP , beberapa dari kamera jenis wireless dapat menggunakan model alternatif dalam transmisi wireless.

11. HD (high-definition) Camera

jenis kamera cctvKamera dengan spesifikasi HD tidak perlu dipertanyakan lagi untuk kualitas gambar, Kamera High-Definition dengan berkemampuan digital zoom membantu cctv kamera / Ip Cam memperbesar gambar dengan sangat jelas.

12. Outdoor Camera

outdoor kamera cctv

Inti dari outdoor kamera sendiri adalah sebuah kamera yang mampu bertahan disegala kondisi cuaca, mempunyai bahan material yang baik, tahan air, kedap udara terhindar dari masuknya debu, dapat juga menggunakan housing kamera sebagai alat untuk melindungi kamera.

13. Varifocal Camera

Varifocal Camera

Kamera cctv yang mempunyai lensa varifokal yang dapat diperbesar atau disesuaikan manual tanpa mengubah titik fokus kamera.

14. IR Camera

Kamera CCTV

Disebut juga night vision camera, kamera yang mampu melihat pada malam hari bahkan gelap gulita dengan menggunakan lampu IR LED, Infrared kamera menghasilkan gambar hitam putih pada saat malam hari.

Itulah tadi jenis bentuk kamera CCTV, semoga bermanfaat untuk kalian semua. Jika sobat ingin memasang CCTV untuk personal, kantor maupun usaha bisnis. Silahkan hubungi kami di kontak yang sudah tersedia. Gratis biaya kirim untuk wilayah surakarta. Pusat cctv solo murah hanya di Manxigrup.

Bagikan informasi tentang Modul Lengkap CCTV: Jenis-Jenis Kamera CCTV (Part 2) kepada teman atau kerabat Anda.

Modul Lengkap CCTV: Jenis-Jenis Kamera CCTV (Part 2) | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk Modul Lengkap CCTV: Jenis-Jenis Kamera CCTV (Part 2)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Pre Order / EPL850
Limited Edition
*Harga Hubungi CS
Pre Order / MFC9140
SIDEBAR