"> Toko CCTV Murah Di Solo - Jual CCTV Murah - Cara Setting Kamera CCTV
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » Langkah-Langkah Setting Kamera CCTV

Langkah-Langkah Setting Kamera CCTV

Diposting pada 14 August 2017 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 383 kali

MANXIGROUP.COM | TOKO CCTV MURAH DI SOLO – CARA SETTING KAMERA CCTV. Closed Circuit Televisison merupakan suatu perangkat yang telah banyak dimanfaatkan sebagai alat keamanan. Dalam operasionalnya cctv telah membantu pihak keamanan maupun kepolisian dalam membantu memecahkan berbagai kasus pencurian. Hal ini tentunya juga ditunjang oleh system cctv yang baik dan efektif. Untuk mendapatkan system keamanan cctv yang efektif tentunya dibutuhkan setting yang baik dan benar. Bagaimana langkah-langkah setting pada cctv ?. Berikut ulasannya.

Manfaat CCTV

1. Perencanaan

Anda wajib menentukan kamera anda sesuai kebutuhan anda. Banyak jenis produk cctv yang dijual dipasaran. Mulai dari Webcam, cams CCTV dan lain-lain. Kamera yang terlalu murah tentunya tidak selalau memiliki kualitas gambar video yang baik dan tidak memiliki fitur yang lengkap. Anda juga harus menetukan faktor-faktor lain yaitu :

A. Kondisi Cahaya

Sangat tidak disarankan bila anda memasang kamera cctv kearah area yang memiliki tingkat pencahayaan tinggi. Hal ini dapat menyebabkan silau ke gambar. Jangan memasangkan kamera cctv terhadap cahaya secara langsung dan untuk menghilangkan risiko pencahayaan hindari menempatkan kamera inframerah saling berhadapan. Anda bisa menggunakan inframerah pada kondisi yang gelap dengan LUX serendah mungkin.

B. Jarak Objek Pantau

Terdapat banyak jenis dan panjang focus lensa suatu kamera. Untuk menentukan hal ini anda harus mempertimbangkan dan memastikan kondisi cahaya dan jarak pantau kamera ke obyek benda. Apabila jarak pantau semakin jauh maka focus lensa yang dibutuhkan akan semakin panjang. Hampir setiap kamera cctv jenis bullet dam board memiliki lensa 3,6 mm. Salah satu cara untuk memaksimalkan hasil gambar kamera cctv adalah menempatkan kamera pada posisi yang strategis.

C. Penempatan Kabel

Kabel yang digunakan haruslah sependek mungkin dan mudah untuk dipasang disetiap kamera. Apabila pemasangan kabel tidak dimungkinkan sebaiknya anda harus mencari tempat lain.

2. Pengkabelan

Hal yang perlu anda prioritasakan adalah anda harus menggunakan kabel sependek mungkin. Tahap pengkabelan memang memiliki proses yang sangat lama. Namun bagi cctv berkabel hal ini sangat penting. Gunakanlah kabel dengan kualitas baik dan jangan pasang kabel cctv berdekatan dengan kabel power listrik. Jarak antar keduanya minimal adalah 12 inchi dengan panjang kabel rata-rata dibawah 400 ft.

3. Kamera Mount

Pasanglah cctv anda dengan menggunakan bracket yang telah terdapat pada pembelian cctv. Pasanglah cctv anda sesuai kebutuhan dan posisi yang anda inginkan. Pada umunya cctv menggunakan power input sebesar 12 VDC dan 24 VAC. Dan jenis power inputnya adalah screw or push atau 2.1 mm plug. Setiap sambungan listrik memiliki perbedaan setiap jenis power supplydan jenis input sebagian kamera bertenaga 12 VDC. Dengan ini anda dapat mengetahui polaritas dan tidak merusak kamera cctv anda.

4. Sambungan Menuju Monitor dan Perekam

Anda harus menyiapkan terlebih dahulu ruangan untuk monitor dan perekam. Didalam ruangan juga tersusun rapi meja dan tempat untuk meletakan peralatan dan. Hal ini akan mempermudah untuk mendapatkan lokasi listrik yang tepat apabila telah terpasang monitor dan perekam yang terpasang. Jarak antara catu daya dan input DVR harus terpisah beberapa meter.

Untuk melindungi peralatan dari lonjakan daya anda harus menghubungkan unit backup baterai. Jika listrik padam, unit backup ini akan sangat membantu. Anda harus menghubungkan DVR ke kamera unit cadangan dan monitor untuk strip daya regular. Hal ini dilakukan untuk memperpanjang waktu backup. Setelah penyetingan seperti ini terjadi daya turun kamera dan DVR akan tetap melaksanakan tugasnya secara normal.

5. Power On dan Penyesuaian Akhir

Anda harus memulainya dengan mengubah supply daya kamera cctv. Hidupkan monitor dan DVR. Akan muncul menu setup pada saat kamera pertama kali dinyalakan. Hal ini tergantung model kamera cctv anda. Dalam mensetup DVR, gunakanlah acuan pengaturan yang tepat. Amatilah hasil pada kamera apakah sesuai dengan apa yang anda harapkan. Anda dapat mengatur ulang setiap posisi kamera yang anda inginkan merubah setting sekrup bracket pada kamera.

Sekian artikel mengenai langkah-langkah setting cctv. semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Langkah-Langkah Setting Kamera CCTV kepada teman atau kerabat Anda.

Langkah-Langkah Setting Kamera CCTV | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk Langkah-Langkah Setting Kamera CCTV

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / EP-L120
SIDEBAR