"> Harga Refill Toner Murah Di Solo - Artikel Fungsi Komponen Cartridge Toner
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » Fungsi Komponen Pada Cartridge Toner Yang Perlu Anda Ketahui

Fungsi Komponen Pada Cartridge Toner Yang Perlu Anda Ketahui

Diposting pada 9 August 2017 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 401 kali

MANXIGROUP.COM | TOKO PRINTER DAN PUSAT REFILL TONER MURAH DI SOLO – ARTIKEL TENTANG FUNGSI KOMPONEN PADA CARTRIDGE TONER.

Cartridge merupakan komponen utama printer dalam proses pencetakan dokumen. Ada banyak komponen yang menyusun sebuah cartridge. Setiap komponen mempunyai fungsi dan prinsip kerja masing-masing dalam operasional sebuah cartridge. Hasil kualitas cetakan sebuah printer laser selain dipengaruhi bubuk toner juga dipengaruhi oleh kualitas cartridgenya. Berikut beberapa komponen cartridge yang perlu Anda ketahui.

1. Bubuk Toner
bahaya bubuk toner bagi kesehatan
Komponen ini biasanya terbuat dari serbuk carbon, besi dan gula serta beberapa campuran senyawa kimia lain seperti polimer. Bubuk ini nantinya akan diisikan kedalam OPC drum pada cartridge. Bubuk toner sangat berpengaruh pada hasil kualitas cetakan yang dihasilkan. Semakin merata partikel pada bubuk ini maka akan semakin baik hasil cetakan sebuah printer.

2. Developer Roller Slave / Magneti

Komponen ini berbentuk seperti tabung dan panjang. Komponen ini berfungsi sebagai pengambil toner yang bermuatan positif dan negatif dari toner hopper yang kemudian dikirim kepada permukaan OPC drum yang bermuatan negatif. Developer Roller Slave akan menghasilkan cetakan yang tidak solid apabila kondisinya sudah melemah.

3. Doctor Blades
Bagian Dari Cartridge Toner : Doctor Blades
Doctor blades merupakan komponen pada printer yang akan mengatur banyak atau sedikitnya jumlah bubuk toner yang akan diambil oleh Developer Roller Slave atau magnetik. Hasil cetakan juga dipengaruhi komponen ini. Apabila keadaan doctor blade sudah lemah dan tidak segera ditangani maka akan menyebabkan hasil cetakan tidak merata.

4. OPC Drum
Bagian Dari Cartridge Toner : OPC Drum
Komponen ini berperan penting sebagai pembentuk pola image elektrostatis yang sesuai dengan data dan pola gambar digital yang dikirim dari Personal Computer. Hasil cetakan akan sangat berpengaruh pada komponen ini. Bila terapat goresan pada OPC drum atau komponen ini sudah menipis maka akan terdapat garis atau bintikk hitam pada hasil cetakan. Maka harus disegerakan penanganan pada komponen ini.

5. Primary Charger Roller
Primary Charger RollerKomponen ini berfungsi sebagai menetralkan area permukaan OPC Drum yang dominan bermuatan negatif atau positif yang disebabkan efek penyinaran laser. Bila komponen ini sudah mengalami masa purna waktu atau sudah melemah maka akan timbul efek berupa bayngan ganda pada suatu cetakan.

6. Wiper Blades
Wiper Blades
Fungsi utama komponen ini adalah membersihkan permukaan OPC drum dari sisa-sisa toner yang tidak menempel pada kertas cetakan. Apabila komponen sudah melemah atau sudah masuk masa purna waktu untuk diganti maka akan menyebabkan kebocoran pada cartridge. Sehingga perlu dilakukan penanganan segera.

7. Chip Reseter dan Flag Gear
Chip Resseter
Komponen ini berfungsi sebagai sensor yang mengatur kapasitas muatan toner. Jika sensor ini telah habis atau sudah tidak bisa digunakan lagi maka cartridge juga tidak bisa digunakan lagi.

Sekian artikel tentang fungsi komponen pada cartridge. Semoga bermanfaat dan Terima Kasih.

Bagikan informasi tentang Fungsi Komponen Pada Cartridge Toner Yang Perlu Anda Ketahui kepada teman atau kerabat Anda.

Fungsi Komponen Pada Cartridge Toner Yang Perlu Anda Ketahui | MANXIGroup.com

2 komentar untuk Fungsi Komponen Pada Cartridge Toner Yang Perlu Anda Ketahui

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / CAMP287
SIDEBAR