"> Mengenal Pixel Per Foot Pada CCTV - Toko CCTV Murah Di Solo, Sragen
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » Mengenal Pixel Per Foot (PPF) Pada CCTV

Mengenal Pixel Per Foot (PPF) Pada CCTV

Diposting pada 31 August 2017 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 380 kali

MANXIGROUP.COM | PUSAT CCTV SOLO – TOKO CCTV MURAH DI SOLO – JUAL PAKET CCTV MURAH DI SOLO – TIPS CCTV: MENGENAL PIXEL PER FOOT PADA CCTV. Hasil rekaman gambar yang tersimpan pada sebuah Digital Video Recorder terdiri dari susunan beberapa frame yang diputar secara teratur. Dan pada suatu frame terdiri dari susunan beberapa pixel. Banyaknya titik atau pixel dalam satu feet disebut PPF (Pixel Per Foot ). Gambar rekaman akan memiliki detail yang sangat baik jika susunan pixel pada sebuah frame semakin padat. Hal ini juga menunjukan bahwa gambar yang dihasilkan akan semakin baik walaupun dizoom atau diperbesar sekalipun.

pixel per foot pada cctv

Terdapat 3 macam kamera CCTV yang berdasarkan pengaturan kepadatan pixel yang berbeda-beda. 3 macam CCTV tersebut adalah :

1. CCTV UMUM

CCTV ini biasa ditemui pada tempat0tempat umum seperti bandara, stasiun, supermarket dan beberapa tempat umum lainnya. CCTV jenis ini biasanya digunakan untuk kegiatan monitoring dan memantau. Pemanfaatannya seperti pada area lalu lintas, mengawasi pegawai di area perkantoran dan lain-lain. CCTV jenis ini biasanya memiliki nilai resolusi berkisar pada < 40 Pixel Per Foot (PPF)

2. Forensik

CCTV jenis ini mungkin banyak untuk meminimalisir tindak penyimpangan. Biasanya CCTV ini digunakan untuk mengidentifikasi wajah seseorang dan nomor polisi sebuah kendaraan. Pada realisasi penggunaanya kamera ini menggunakan lebih dari satu kamera CCTV. Resolusi pada kamera jenis ini biasanya berkisar 40 sampai 80 Pixel Per Foot ( PPF).

3. Detail Tinggi

Kamera CCTV jenis ini biasanya banyak digunakan diarea perjudian. Fungsinya untuk mengawasi chip-chip judi dan mencegah bila terjadi kecurangan. Kamera ini juga bisa digunakan pada tempat perhitungan uang. Pada kamera jenis ini memiliki resolusi pxel per foot yang lebih dari CCTV umum dan forensik. Resolusinya minimal adalah 80 PPF.

Cara Mengetahui PPF Kamera CCTV

Anda dapat mengetahui nilai ppf sebuah kamera CCTV. Tetapi terdapat beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Salah satunya adalah HVOF. Yang dimaksud dengan HVOF adalah panjang sebenarnya area yang direkam sebuah kamera CCTV. satuan panjang yang digunakan untuk menyatakan nilai HVOF adalah feet.

Misalnya sebuah panjang area sebenarnya yang ditangkap sebuah CCTV adalah 4,2 meter maka nilai HVOFnya bila dikonversikan kedalam satuan feet adalah 13,799 feet. Resolusi yang digunakan untuk merekam adalah D1 (720 x 576). Resolusi horizontal D1 yaitu 720. Dari data diatas dapat diketahui nilai sebuah PPF adalah :

Bila dilihat dari hasil perhitungan diatas dapat disim[ulkan bahwa kamera tersebut merupakan kamera jenis forensik. Nilai yang ditemukan adalah 52,25 PPF sedangkan kamera forensik memiliki nilai resolusi PPF 40 sampai 80 PPF.

Perhitungan Suatu Jarak Terhadap PPF

Bagaimanakah agar supaya sebuah kamera yang terpasang dapat sesuai dan selaras dengan nilai PPF yang diinginkan?.

Terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan lebih dulu :

  • Ukuran sebuah sensor CCD pada kamera CCTV
  • Ukuran nilai lensa kamera CCTV
  • Resolusi pada sebuah DVR yang digunakan
  • Nilai PPF yang diinginkan

Pengolahan keempat data tersebut dengan menggunakan formula perhitungan akan menghasilkan nilai jarak antar kamera dan objek pantau. Bisa disimpulkan bahwa anda harus mengubah posisi kamera CCTV agar jarak antar kamera dan objek pantau sesuai dengan nilai PPF yang diinginkan. Seperti contoh dibawah ini :

  • Sensor jenis CCD memiliki 1/3 dan memiliki lebar ukuran 4.8 mm
  • Kamera yang digunakan adalah jenis standar dan memiliki ukuran lensa 4 mm.
  • DVR yang digunakan memiliki nilai resolusi D1
  • PPF 60

Perhitungan Lensa Kamera CCTV Terhadap PPF

Perhitungan ini akan menentukan penggunaan kamera yang akan digunakan. Anda bisa mengubah kamera sebelumnya terpasang dengan sebuah kamera yang memiliki nilai lensa sesuai dengan jarak yang dinginkan. Namun terdapat beberapa faktor yang harus anda perhatikan untuk menentukan nilai tersebut dan berikut contohnya

  • Jarak kamera CCTV menuju objek pantau : 16,40 feet
  • CCD dengan ukuran ½ dan memiliki lebar 4,8 mm.
  • Resolusi horizontal dengan nilai 720 (D1).
  • PPF yang diinginkan 60 PPF

Maka akan didapat nilai lensa 6,56. Namun lensa dengan nilai seperti itu tidak ada dipasaran sehingga anda sebaiknya menggunkan lensa dengan nilai 6.

Sekian artikel tentang pengertian Pixel Per Foot pada CCTV. Semoga dapat bermanfaat dan terima kasih.

Bagikan informasi tentang Mengenal Pixel Per Foot (PPF) Pada CCTV kepada teman atau kerabat Anda.

Mengenal Pixel Per Foot (PPF) Pada CCTV | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk Mengenal Pixel Per Foot (PPF) Pada CCTV

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR