"> Perbedaan Printer Inkjet & Laserjet - Manxigroup.com - Toko Printer Murah
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » MAU PILIH PAKAI TINTA ATAU TONER? PERBEDAAN DASAR PRINTER INKJET VS LASER

MAU PILIH PAKAI TINTA ATAU TONER? PERBEDAAN DASAR PRINTER INKJET VS LASER

Diposting pada 9 March 2022 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 55 kali

MANXIGROUP.COM – Perbedaan Dasar Printer Inkjet dan Laserjet. Seringkali kita mengalami dilema untuk memilih antara kedua printer ini, mau pilih printer inkjet atau laser. Baik untuk memenuhi kebutuhan cetak di rumah atau perkantoran, mana yang sekiranya lebih cocok untuk diterapkan?

Nah di artikel kali ini, kita akan bahas bersama-sama perbedaan mendasar antara printer inkjet versus laserjet, kira-kira mana nih yang paling pas buat dipakai sesuai dengan kebutuhan kita? Langsung aja cek artikel dibawah ini!

Dasar-dasar pencetakan dengan printer inkjet

Pada dasarnya printer inkjet memiliki dua metode teknologi yang digunakan oleh pabrikan pembuat printer, yaitu piezoelektrik (proses pengeluaran tinta melalui elemen piezo yang bergerak secara elektrik dan mekanik) dan teknologi thermal (proses pengeluaran tinta menggunakan gelembung panas selama pencetakan berlangsung).

Di pasaran juga dijumpai dua jenis printer inkjet, yaitu printer inkjet dengan katrid konvensional yang terdiri dari satu kartrid khusus tinta hitam dan kartrid warna individu maupun satu katrid yang berisi tiga warna. Yang kedua printer dengan printhead kartrid yang disambungkan dengan selang ke tangki tinta warna masing-masing yang selama ini kita kenal dengan printer infus atau inktank.

Keunggulan pencetakan printer inkjet

1.   Harga jauh lebih terjangkau

Beberapa printer inkjet yang ada di pasaran memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan printer laser. Mungkin bila manxivers menggunakan printer inkjet dengan kartrid konvensional akan lebih sering mengganti tinta dibandingkan bila menggunakan printer inktank atau infus. Namun manxivers bisa dapat keuntungan lain seperti penghematan biaya perawatan terutama daya listrik yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan printer laser.

2.   Format pencetakan warna dan foto lebih baik

Karena kemampuannya yang mampu mencampurkan warna dengan sangat baik, printer inkjet memiliki keunggulan dalam mencetak dokumen berwarna dan cetak foto. Apalagi printer inkjet ini mendukung jenis kertas yang lebih banyak dibandingkan dengan printer laser.

3.   Cocok untuk pengguna dengan berbagai macam kebutuhan cetak

Bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan lebih beragam misalnya tidak hanya mencetak teks saja halaman demi halaman, maka printer inkjet lebih diunggulkan. Dengan harga yang terpaut lebih murah dibandingkan dengan printer laser serta kemampuan cetak warna yang lebih baik, printer inkjet ini lebih cocok bagi para pengguna dengan volume cetak yang tidak terlampau tinggi.

Cara kerja printer laser

Jenis printer laser merupakan mesin cetak yang masuk kategori non-impact printing, jenis printer ini bahan yang digunakan untuk mencetak berupa bubuk atau yang biasa disebut toner. Toner tersebut dilekatkan pada media dengan proses pemanasan.

Prinsip kerja printer ini adalah prinsip elektrostatis. Pembentukan pola gambar menggunakan perangkat sinar laser atau LED (Light Emiting Dioda), yang menembakkan sinar yang bermuatan listrik elektrostatis kepada permukaan Photoconductor/Drum. Proses pembentukan gambar / karakter tulisan terjadi pada imaging devices atau biasa disebut toner cartridge.

Sebagian besar printer laser memang ditujukan untuk menghasilkan cetakan hitam putih atau monochrome layaknya mesin fotokopi. Namun demikian, banyak beredar juga dipasaran printer laser warna dengan konfigurasi empat-kartrid.

Keunggulan printer laser

1.   Lebih terjangkau untuk pengguna dengan volume cetak tinggi

Keunggulan utama dari printer laser ini adalah kemampuan cetaknya yang tinggi untuk setiap toner cartridgenya dibandingkan dengan printer inkjet konvensional. Karena kapasitas cetaknya yang tinggi, maka otomatis biaya penggantian toner-nya akan jauh lebih berkurang dibandingkan dengan printer inkjet konvensional. Apalagi untuk penggunaan di perkantoran dengan kebutuhan cetak yang tinggi dan tak terduga, maka printer laser bisa menjadi pilihan yang tepat.

2.   Hasil cetakan dengan presisi lebih tinggi

Prinsip kerja printer laser yang menggunakan elektrostatis membuatnya memiliki keunggulan dan keandalan yang lebih baik dibandingkan dengan printer inkjet. Sebagai contoh, Manxivers tidak bakal menjumpai adanya luberan tinta atau noda belepotan yang kadang dijumpai pada printer inkjet. Artinya, manxivers akan mendapatkan hasil cetak dengan kualitas yang lebih baik dan konsisten walaupun mencetak dengan volume yang tinggi.

3.   Rata-rata memiliki kecepatan cetak yang lebih baik

Printer laser umumnya memiliki kecepatan cetak yang lebih tinggi dibandingkan dengan printer inkjet. Inilah alasan lain mengapa para pengguna yang memiliki volume cetak yang besar lebih memilih printer laser daripada printer inkjet. Dengan kecetapan cetak yang tinggi ini akan semakin menghemat waktu sehingga Manxivers tidak perlu menunggu lama ketika melakukan pekerjaan yang besar.

Kesimpulan

Sejatinya untuk memilih kedua printer ini baik inkjet maupun laserjet kembali ke kebutuhan cetak masing-masing. Bagi para manxivers yang hanya mencetak untuk kebutuhan rumahan dengan volume cetak yang rendah, maka opsi printer inkjet merupakan yang terbaik. Sebaliknya bila manxivers memiliki kebutuhan cetak dengan volume tinggi dan lebih peduli pada efisiensi maka pilihlah printer laser.

Untuk penggunaan perkantoran bisa juga untuk mengkombinasikan keduanya. Printer laser untuk pencetakan hitam putih dengan volume besar dan printer inkjet digunakan untuk pencetakan warna dan foto atau gambar.

Bagi yang masih penasaran tentang apa printer inkjet atau laser yang sesuai dengan kebutuhan dan budget manxivers bisa hubungi customer service kami di nomor 0895-2978-8808. Bisa juga kunjungi Manxi Printer Store terdekat di kota Anda. Bagi yang hobi belanja online silakan merapat ke webstore kami di store.manxigroupcom atau kunjungi marketplace kesayangan kalian dengan mengetik di kolom pencarian nama toko kami MANXIGROUP. Selamat berbelanja semoga info yang kami berikan bermanfaat.

Bagikan informasi tentang MAU PILIH PAKAI TINTA ATAU TONER? PERBEDAAN DASAR PRINTER INKJET VS LASER kepada teman atau kerabat Anda.

MAU PILIH PAKAI TINTA ATAU TONER? PERBEDAAN DASAR PRINTER INKJET VS LASER | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk MAU PILIH PAKAI TINTA ATAU TONER? PERBEDAAN DASAR PRINTER INKJET VS LASER

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Popular!
*Mulai Rp 1.725.000
Pre Order / RTUK164
STOK HABIS
*Harga Hubungi CS
Habis / CP1025
SIDEBAR