"> Printer Plotter dan Large Format Printer - Toko Printer Murah
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » MENGENAL APA ITU PRINTER PLOTTER DAN LARGE FORMAT PRINTER

MENGENAL APA ITU PRINTER PLOTTER DAN LARGE FORMAT PRINTER

Diposting pada 3 August 2022 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 41 kali

MANXIGROUP.COM – Mengenal printer plotter dan Large format printer. Sebagai seorang developer, advertiser, hingga art director mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya printer plotter atau large format. Tapi apakah manxivers tahu, ternyata printer plotter dan printer large format sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda.

Namun seiring berkembangnya waktu, penyebutan kedua istilah ini menjadi sama, yaitu untuk menyebut printer yang mampu melakukan pencetakan ukuran lebar atau besar. Di artikel kali ini bakal kita ulas lebih lanjut apa itu printer plotter, kategori, hingga merk printer plotter yang ada di pasaran.

PENGERTIAN PRINTER PLOTTER

Printer plotter atau bisa disebut saja dengan plotter adalah printer yang digunakan untuk mencetak gambar grafis dengan ukuran yang besar. Karena kemampuannya untuk mencetak dengan ukuran yang besar, printer plotter banyak digunakan untuk mencetak desain-desain seperti arsitektur, teknik, GIS atau pemetaan, hingga untuk mencetak gambar untuk keperluan marketing dan karya seni lainnya.

Dilansir dari hp.com, di masa lalu, plotter bekerja dengan menggunakan pena atau spidol untuk menggambar garis dari kertas yang panjang untuk membuat desain berdasarkan program komputer.

Contoh printer plotter lawas Hewlett-Packard 9862A (sumber: wikipedia.org)

Saat ini printer plotter sudah berkembang semakin maju dengan menggabungkan teknologi printing yang lebih baru. Dikarenakan kemampuannya mencetak di area cetak yang luas dan lebih besar, banyak yang menyebut printer plotter ini menjadi printer large format. Lalu apa saja kategori dari printer large format ini?

KATEGORI PRINTER LARGE FORMAT

Menurut businesscasestudies.co.uk, printer large format atau ada yang menyebutnya dengan printer wide format ini dibagi menjadi 7 kategori berdasarkan tipe tinta yang digunakan.

Solvent

Printer inkjet solvent ini sangat baik digunakan untuk mencetak gambar grafis eksterior. Hasil cetaknya bisa bertahan lama dan memiliki ketahanan atau durabilitas yang baik.

Namun, printer inkjet solvent menghasilkan residu gas yang cukup berbahaya, sehingga tidak cocok diterapkan di perkantoran melainkan harus di skala pabrikan dengan ventilasi udara yang khusus.

Printer Inkjet Aqueous / Water-based

Walaupun namanya agak susah disebutkan, printer inkjet aqueous merupakan printer large format yang paling banyak ditemui di pasaran. Printer ini menggunakan tinta berbahan dasar air sebagai bahan pencetaknya.

Tinta berbahan dasar air ini secara umum dibagi menjadi dua jenis, yaitu tinta dye dan pigmen. Tinta dye memberikan warna yang lebih cerah tetapi tidak tahan terhadap sinar UV. Sebaliknya, tinta pigmen walaupun agak terlihat lebih kusam, tinta ini tahan pudar dan tahan terhadap sinar UV.

Penggunaan printer inkjet ini sangat indeal baik untuk mencetak bahan-bahan keperluan outdoor maupun indoor. Bahan yang dicetak untuk keperluan outdorr akan meningkat durabilitasnya dengan melakukan laminasi.

Satu-satunya keuntungan yang diberikan oleh printer inkjet aqueous adalah kemudahan penggunaannya, sehingga printer ini memimpin pasar di ranah advertising, seni rupa, fotografi, hingga desain grafis.

Printer Flatbed UV-Based

Sesuai dengan namanya, printer UV-based ini mengandalkan sinar ultraviolet untuk mengeringkan atau memanaskan tinta khusus agar menempel dengan kuat di media atau lembaran cetaknya.

Dengan menggunakan teknologi ini, hasil print outnya menjadi tahan air, berkesan timbul, dan cerah. Media berbahan polimer merupakan yang terbaik untuk dicetak dengan menggunakan tinta ini. Hasil cetakan outdoor pun akan bisa lebih awet meskipun tanpa proses laminasi.

Printer Dye Sublimation

Printer yang memanfatkan teknologi ini menggunakan proses cetak yang memungkinkan adanya transfer tinta dye (pewarna) ke media lain seperti gulungan atau lembaran cetak, kain, plastik, dan sebagainya.

Contoh printer dye sublimation Epson SC-F7270 (sumber: mesinprinting.id)

Salah satu keunggulan dari printer dye sublim ini adalah cepat kering ketika sudah diaplikasikan. Printer ini banyak dipakai untuk mencetak banner, mug, plakat, apparel, sampai dengan casing handphone.

Printer Latex

Printer latex memanfaatkan tinta berbasis resin dan latex. Kedua campuran formulasi ini memiliki dampak lingkungan yang sedikit lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya. Karena berbahan dasar air, tidak diperlukan instalasi ventilasi khusus seperti halnya menggunakan tinta solvent.

Printer Latex HP Latex 3600 (sumber: perfectcolours.com)

Hasil cetak dari printer ini juga lebih baik dibandingkan dengan printer solvent. Lagipula apa yang printer solvent mampu cetak juga bisa dicetak dengan menggunakan printer latex ini.

Sehingga printer latex cocok digunakan baik untuk keperluan outdoor maupun indoor dan biaya yang dikeluarkan juga sangat kompetitif di pasaran.

Plotter atau Pen Printing

Dulu printer plotter bekerja dengan menggunakan pena untuk menggambar diatas media cetak. Namun seiring berjalannya teknologi, penggunaan pena telah digantikan oleh printer digital berbahan tinta termasuk UV, solvent, maupun tinta lainnya dengan kualitas cetak yang jauh lebih baik dan cepat.

Contoh printer plotter Canon imagePROGRAF TA-5200 (sumber: id.canon)

Fungsi printer plotter kebanyakan adalah untuk mencetak gambar-gambar CAD seperti konstruksi, denah, teknik, dan semacamnya.

Large Interior Printing

Kategori ini merujuk pada segala sesuatu yang dicetak melalui poster. Banyak pengembang, termasuk di dalamnya para pelaku usaha periklanan, mencetak poster dengan printer large format ini.

Walaupun daya tahan produk yang dicetak menggunakan printer ini cukup rendah, para pengiklan bisa memilih material atau bahan cetak yang lebih awet bila menginginkan hasil cetakannya lebih tahan lama.

Mengingat kemampuannya untuk mencetak di mdia dengan ukuran lebar, lantas seperti apa ukuran kertas standar yang mampu dicetak oleh printer large format atau printer plotter ini?

MENGENAL STANDAR UKURAN KERTAS

Ketika mencetak dengan menggunakan printer plotter atau large format tentu saja tidak akan lepas dari ukuran kertas yang akan kita cetak.

Dari wikipedia.org, ukuran kertas adalah standar ukuran kertas internasional, terutama standar ISO (misalnya A4, B3, C4, dsb.) dan standar lokal di Amerika Utara (seperti letter, legal, ledger, dsb.)

Ukuran kertas secara internasional dikenal dengan seri A, B, C, sesuai dengan standar ISO, tetapi terdapat juga ukuran lain seperti R dan F sesuai dengan permintaan pasar.

Ukuran kertas standar ISO (sumber: printlabmy.com)

Gambar diatas merupakan ilustrasi dari ukuran kertas standar ISO untuk seri A dan B. Seri A sering digunakan untuk cetakan umum, perkantoran, dan penerbitan. Sedangkan seri B biasanya dipakai untuk poster dan lukisan dinding.

Dasar ukuran kertas standar ISO adalah “nol” (bisa A0, B0, dst.), jadi cara pengukurannya yaitu setiap angka setelah huruf (misalnya “A”) menyatakan setengah ukuran dari angka sebelumnya. Jadi contohnya kertas A1 merupakan setengah dari A0 dan seterusnya. Pembahasan mengenai ukuran kertas yang lebih rinici akan kita ulas di artikel selanjutnya ya!

Nah berdasarkan ukuran kertas yang ada, maka muncullah jenis printer plotter berdasarkan ukuran kertas yang ada, umumnya mulai dari 24”, 36”, 44”, dan 60”. Artinya, mesin plotter dengan ukuran 24” (inci) hanya mampu mencetak dengan ukuran lebar kertas maksimal 24 inci atau setara dengan 610 mm.

Oleh karena itu, memilih printer plotter atau printer large format yang tepat itu sangatlah penting tergantung ukuran bahan atau material apa yang akan manxivers cetak.

Untuk keperluan teknik seperti mencetak gambar blueprint dan sejenisnya, memilih printer plotter dengan ukuran minimal 24” atau 36” dirasa cukup untuk mencetak berbagai dokumen untuk keperluan konstruksi. Sedangkan bila manxivers berada di bidang desain grafis, maka pilihan printer large format ini jauh lebih beragam.

Lalu merk apa saja yang memiliki printer plotter atau printer large format ini di pasaran?

MERK PRINTER PLOTTER DI PASARAN

Banyak perusahaan printer yang memproduksi printer large format seusai dengan kebutuhan para penggunanya. Nama-nama merk terkenal seperti Epson, Canon, dan HP juga tidak kalah meramaikan adanya persaingan di kategori printer large format.

Di pasaram, printer plotter Epson dikenal dengan sebutan SureColor. Ada beragam jenis printer large format Epson SureColor tergantung tujuan dan kemampuan printingnya.

Untuk kebutuhan cetak gambar konstruksi dan sejenisnya, Manxivers bisa memilih printer plotter Epson SureColor T-series seperti T3130M, T5310M dan seterusnya.

Sedangkan untuk urusan cetak dengan skala yang lebih besar seperti advertising, fotografi, sampai dengan kebutuhan cetak di industri fashion, Epson memiliki jajaran printer large format yang lebih beragam. Manxivers bisa cek lebih lanjut di situs epson.co.id.

Seakan tidak mau kalah, Canon juga memiliki line up printer large formatnya. Masuk dalam seri printer imagePROGRAF, printer plotter Canon juga memiliki spesifikasi yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya.

Canon imagePROGRAF TA-5200 (foto: Dok. Pribadi)

Bila manxivers memiliki kebutuhan cetak berupa gambar konstruksi atau poster sederhana, ada pilihan Canon imagePROGRAF TA-5200 atau TM-5200 dan sejenisnya. Manxivers bisa membaca review printer plotter Canon imagePROGRAF TA-5200 disini.

Sedangkan untuk keperluan cetak foto atau desain  grafis dengan warna yang lebih kompleks, manxivers bisa memilih Canon imagePROGRAF PRO-541S atau PRO-541 dan sejenisnya. Untuk koleksi lengkapnya silakan manxivers cek saja di situs milik Canon Indonesia.

Meramaikan pasar printer large format atau printer plotter, pabrikan HP juga serius menggarap pasar ini. Mereka memiliki line-up printer large format yang sangat beragam, mulai dari printer large format kelas profesional sampai dengan skala industrial. Sebut saja dari kelas profesional seperti seri HP DesignJet T200 hingga kelas industri seperti printer HP Latex 560 dan sebagainya.

Selain ketiga merk besar diatas, kita juga bisa menemui merk lain seperti Mutoh dan beberapa merk dari negeri China, Eropa, hingga produk rakitan merk lokal.

Lalu dimana kita bisa mendapatkan printer plotter murah atau printer large format dengan harga yang terjangkau? Tidak usah bingung-bingung, manxivers bisa mendapat printer plotter murah hanya di Manxi Group.

Selain dapat dengan harga yang terjangkau, manxivers juga bisa mencoba unit printer large format yang diinginkan. Bagi manxivers yang tertarik bisa menghubungi CS kami di nomor Whatsapp berikut ini: 0895-2978-8808 atau klik link berikut ini: https://bit.ly/cswamanxi

Sekian dulu artikel kali ini, bila ada pertanyaan silakan tulis aja di kolom komentar ya! Semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang MENGENAL APA ITU PRINTER PLOTTER DAN LARGE FORMAT PRINTER kepada teman atau kerabat Anda.

MENGENAL APA ITU PRINTER PLOTTER DAN LARGE FORMAT PRINTER | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk MENGENAL APA ITU PRINTER PLOTTER DAN LARGE FORMAT PRINTER

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / CA2570
STOK HABIS
SIDEBAR