"> Tips Merawat Printer yang Jarang Dipakai - Manxigroup.com - Toko Printer Murah
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » TIPS MERAWAT PRINTER YANG JARANG DIPAKAI

TIPS MERAWAT PRINTER YANG JARANG DIPAKAI

Diposting pada 5 February 2022 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 74 kali

MANXIGROUP.COM – Tips Merawat Printer yang Jarang Dipakai. Printer – terutama printer inkjet – yang jarang dipakai ini pastinya akan mempengaruhi kinerja hardware atau spare part yang ada di dalam printer tersebut. Masalah berupa cartridge yang mengering dan infus akan tersumbat atau buntu merupakan hal yang umum dijumpai ketika printer sudah jarang digunakan. Bila sudah seperti, bisa-bisa kita mengeluarkan biaya yang cukup menguras kantong untuk memperbaikinya.

Nah sebelum penyesalan datang, alangkah baiknya manxivers baca artikel ini apa saja tips yang bisa kita lakukan untuk merawat printer yang jarang dipakai agar bisa lebih awet.

1.    Menjaga kebersihan printer

Mungkin terdengar remeh, tapi selalu menjaga kebersihan printer juga ga kalah pentingnya agar membuat printer yang kita miliki lebih awet. Alasannya, printer pada dasarnya sangat sensitif terhadap debu atau benda asing lainnya. Yang paling riskan untuk kemasukan debu adalah bagian tray input yang berada diluar (bukan model kaset).

Bila sudah kemasukan debu atau benda asig lainnya seperti paperclip, maka akan menyebabkan sensor kertas dan roller menjadi bermasalah. Bila sensor dan roler bermasalah, maka printer menjadi kesusahan membaca dan menyalurkan kertas.

Cara paling simpel dalam mengatasi ini adalah rutin atau berkala dibersihkan saja printer dan area sekitar printer tersebut. Bila masih tidak ada waktu untuk membersihkan, alangkah baiknya printer diberi penutup semacam kain dan sejenisnya.

2.    Sering menghidupkan printer

Sama saja dengan memiliki mobil atau motor, printer juga harus dihidupkan secara berkala. Tujuannya apa? Ya agar tinta yang ada di dalamnya tidak menjadi kering. Keringnya tinta bisa membuat aliran jalannya tinta ke cartridge atau printhead menjadi tersumbat atau buntu.

Solusinya tidak hanya dihidupkan saja, tapi juga menjalankan tugas utama printer, yaitu mencetak. Minimal lakukan nozzle check atau cleaning seminggu sekali agar bisa menghangatkan tinta (untuk model thermal cartridge) atau melancarkan saluran infus agar tinta tidak mengendap terlalu lama.

3.    Matikan printer dengan benar

Agar printer manxivers makin awet, mematikan printer juga ada caranya. Proses mematikan printer yang benar yaitu dengan menekan tombol power (on / off) yang terdapat pada printer. Kenapa demikian? Karena ternyata dengan menekan tombol power pada printer, maka printer tersebut secara otomatis akan membersihkan print head tersebut kembali ke posisi semula, sehingga printhead terjaga kebersihannya dan aman dari debu.

Jangan sekali-kali untuk mematikan printer dengan mencabut kabel listrik secara langsung di tengah printer sedang proses mencetak atau melakukan cleaning karena bisa berakibat rusaknya printhead atau cartridge.

Ternyata merawat printer tidak sesulit yang dibayangkan ya, asal kita rajin untuk membersihkan dan merawatnya saja, kita bisa menghemat banyak biaya pengeluaran untuk service.

Namun ibarat kendaraan bermotor, printer yang sudah kita rawat pun tidak bakal lepas dari yang namanya masalah bukan? Nah bila printer manxivers butuh perawatan dan service datang aja langsung ke Manxi Printer Store terdekat di kota Anda.

Manxi Printer merupakan Authorized Service Center Epson, Service Resmi Canon, dan Service Center Resmi Brother di Solo Raya dan sekitarnya. Selain service berbagai merk printer, kami juga menyediakan berbagai macam kebutuhan penunjang lain seperti tinta, LCD Proyektor, CCTV, Mesin Digital Printing, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi nomor Whatsapp kami di 0895-2978-8808, Customer Service kami siap membantu dimanapun Anda berada.

Bagikan informasi tentang TIPS MERAWAT PRINTER YANG JARANG DIPAKAI kepada teman atau kerabat Anda.

TIPS MERAWAT PRINTER YANG JARANG DIPAKAI | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk TIPS MERAWAT PRINTER YANG JARANG DIPAKAI

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock
SIDEBAR