"> Istilah di Dunia Printer Part 1 - Manxigroup.com - Toko Printer Murah
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 1)

INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 1)

Diposting pada 18 June 2022 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 36 kali

MANXIGROUP.COM – Istilah di Dunia Printer Part 1. Seringkali ketika membaca spesifikasi printer yang ingin dibeli, kita akan dihadapkan dengan berbagai macam istilah yang mungkin terdengar asing bagi orang pada umumnya. Nah di artikel kali ini, kita akan membahas beberapa istilah dalam dunia printer dari dasar sampai dengan masalah teknis secara lengkap yang dibagi menjadi tiga bagian.

Kategori Printer

Berdasarkan cara kerjanya, printer dibagi menjadi beberapa istilah yaitu:

a.      Printer Inkjet

Printer inkjet adalah printer yang sistem kerjanya menggunakan tinta sebagai bahan pencetak. Teknologi yang digunakan pada printer inkjet adalah drop on demand dimana titik-titik kecil tinta disemprotkan ke media melalui lubang kecil bernama nozzle.

Pada perkembangannya, dikenal juga istilah printer ink tank yang merujuk pada penggunaan wadah tangki tinta secara terpisah untuk meningkatkan kapasitas cetak dan memudahkan pengisian ulang dari printer tersebut.

b.      Printer Laser / Laserjet

Printer laser atau laserjet merupakan printer yang sistem kerjanya menggunakan bubuk atau toner sebagai bahan pencetak. Pembentukan pola gambar atau teks ke media cetak tersebut menggunakan pancaran sinar laser atau LED.

c.      Printer Dot Matrix

Jenis printer ini menggunakan impact atau tekanan jarum pada pita yang digunakan untuk mencetak pada media kertas. Dikarenakan penggunaan pita atau ribbon maka warna yang dihasilkannya pun sangat terbatas, hanya hitam, biru, atau merah.

Penggunaan printer dot matrix ini yaitu untuk mencetak dokumen tembusan / rangkap yang sering kita temui di kasir, bank, dan sebagainya.

d.      Printer Thermal

Sama seperti namanya, printer ini menggunakan panas untuk mencetak diatas kertas. Sebagai bahan pewarnanya menggunakan ribbon film atau ada juga yang bahan pewarnanya sudah terkandung di kertas yang digunakan.

Printer ini biasa digunakan untuk mencetak struk belanja, ATM, kartu nama, dan sebagainya karena kecepatan cetaknya yang tinggi dan tidak bising.

Itu tadi kategori printer yang ada di pasaran. Bagi yang masih bingung atau ada pertanyaan kita diskusikan di kolom komentar ya! Atau kalau mau tahu lebih lanjut juga bisa WA kami di nomor 0895-2978-8808.  Nantikan artikel berikutnya mengenai komponen-komponen yang ada di dalam printer. Stay Tuned!

UPDATE : Artikel Part 2 klik disini

Bagikan informasi tentang INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 1) kepada teman atau kerabat Anda.

INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 1) | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 1)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
SIDEBAR