"> Istilah di Dunia Printer Part 2 - Manxigroup.com - Toko Printer Murah
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 2)

INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 2)

Diposting pada 23 June 2022 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 33 kali

MANXIGROUP.COM – Istilah di Dunia Printer Part 2. Halo Manxivers, Setelah mengetahui apa saja jenis printer yang ada di pasaran pada artikel INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 1), saatnya kita membahas mengenai apa saja bagian-bagian atau komponen yang ada di dalam printer yang wajib kita ketahui. So, let’s get to the list!

1.      Cartridge / Kartrid

Kartrid merupakan tempat penampungan tinta pada printer. Kartrid sendiri dibagi menjadi beberapa jenis yaitu kartrid inkjet (tinta) untuk printer inkjet, kartrid toner untuk printer laser, dan kartrid ribbon untuk printer dot matrix.

2.      Maintenance Box / Maintenance Cartridge

Maintenance box di printer Epson atau maintenance cartridge di printer Canon adalah sebuah tempat penampungan kelebihan tinta baik ketika printing maupun cleaning pada printer ink tank. Sedangkan pada printer inkjet biasa, kita bisa menemui waste pad yang fungsinya sama dengan maintenance box ini.

3.      Print Head

Print head atau kepala cetak merupakan bagian utama dari printer inkjet yang bertugas untuk menyemprotkan tinta. Umumnya print head pada printer Canon dan HP menyatu dengan cartridge-nya, sedangkan pada printer Epson dan Brother, print head terpisah dengan cartridge-nya.

4.      Pick-up Roller / Mekanik Printer

Pick-up roller atau mekanik printer adalah bagian pada printer yang berfungsi sebagai penarik kertas atau media cetak lainnya. Pada printer dot matrix fungsi dari pick-up roller ini digantikan oleh komponen yang bernama platen roller.

5.      Tray atau Baki Kertas

Tray atau dalam bahasa Indonesia disebut sebagai baki kertas merupakan tempat penampung kertas, terdiri dari input untuk memasukan kertas dan output sebagai tempat keluarnya kertas.

Bentuk input tray dibagi menjadi dua, ada yang berupa slider dan cassette. Printer dengan input tray berupa slider ini biasanya memposisikan kertasnya dengan berdiri dibelakang printer. Jumlah kertas yang mampu ditampung bervariasi mulai dari 50 hingga 100 lembar kertas. Contoh printer dengan input slider ini antara lain Canon IP2770, Epson L3210, dan sebagainya.

Sedangkan printer dengan cassette memiliki wadah khusus sebagai penampung kertas masukan. Wadah ini memiliki kapasitas yang besar mulai dari 150 hinggan 250 lembar bahkan lebih. Contoh printer yang menggunakan cassette seperti ini bisanya dijumpai pada printer bisnis seperti Epson WF-Series, beberapa model printer Brother, printer laser, dan sebagainya.

6.      Control Panel

Control panel atau panel kontrol merupakan area dimana semua pengaturan tentang printer ini dikendalikan. Disini tempatnya tombol power, reset, berbagai indikator, hingga LCD touchscreen yang sering kita jumpai pada printer bisnis.

7.      ADF (Auto Document Feeder)

ADF atau Automatic Document Feeder merupakan sebuah perangkat yang berfungsi untuk melakukan scan, copy, dan fax banyak dokumen (multiple document)  sekaligus secara otomatis. Proses scanning pada perangkat ini dengan memasukkan kertas yang akan dipindai ke tray ADF kemudian pad assy dan roller akan menarik kertas tersebut untuk dipindai dibawah lampu scanner.

Keunggulan dari ADF ini antara lain waktu scan yang cepat, kamampuan membaca dua sisi kertas sekaligus atau yang biasa disebut sebagai duplex plus automatic document feeder, dan mampu memindai ukuran kertas yang lebih besar dibandingkan flatbed scanner (contohnya kertas Legal atau F4).

8.      Drum Unit dan Fuser Unit

Drum unit  merupakan salah satu komponen dari cartridge toner printer laserjet. Drum unit  ini berupa roll yang terbuat dari selongsong alumunium yang permukaannya dilapisi bahan fotokonduktor. Berfungsi untuk menangkap karakter yang ditembakkan oleh sinar laser pada printer dan tempat menempelnya serbuk toner yang akan tercetak. Bagian ini yang paling vital dan sensitif dari sinar matahari, goresan, minyak dsb.

Fuser unit (pemanas) merupakan suku cadang pada printer laser Berupa element heater yang dilapisi paper film atau teflon dan sebuah roll pressure dari karet tahan panas yang berfungsi untuk merekatkan toner yang menempel pada kertas agar permanen. Suhu pemanas ini mencapai 600 derajat celcius.

9.      Chip Cartridge

Chip cartridge merupakan salah satu sparepart pada cartridge yang berfungsi sebagai indikator atau sensor kapasitas toner atau tinta. Apabila sensor mendeteksi bila toner atau tinta habis, maka cartridge tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi.

Itu tadi beberapa bagian dari printer yang wajib kamu ketahui, pada artikel berikutnya bakal kita bahas apa saja istilah teknis yang sering kita dengar tapi kadang tidak paham artinya, tunggu saja ya! UPDATE : Artikel Part 3 / terakhir, klik disini

Kalau masih ada pertanyaan yang ingin kita bahas silakan saja tulis di kolom komentar di bawah ya! Atau bisa hubungi kami langsung di nomor WA 0895-2978-8808. Sekian dan semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 2) kepada teman atau kerabat Anda.

INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 2) | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk INI DIA ISTILAH-ISTILAH DI DUNIA PRINTER YANG WAJIB KAMU KETAHUI (Bagian 2)

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
Best Seller
STOK HABIS
*Harga Hubungi CS
Habis
SIDEBAR