"> Review Canon imagePROGRAF TC-20
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » REVIEW CANON imagePROGRAF TC-20: PRINTER LARGE FORMAT INK TANK PERTAMA CANON

REVIEW CANON imagePROGRAF TC-20: PRINTER LARGE FORMAT INK TANK PERTAMA CANON

Diposting pada 1 November 2023 oleh editorindra | Dilihat: 43 kali

MANXIGROUP.COM – Review Canon TC-20. Pada tanggal 9 Januari 2023 yang lalu, Canon mengumumkan peluncuran printer large format berukuran hingga A1+ dengan sistem ink tank pertamanya, Canon imagePROGRAF TC-20. Peluncuran printer ini menambah jajaran printer large format 24” Canon lainnya seperti seri TA-5200 yang sudah pernah kita bahas di artikel yang lalu.

Printer ini ditujukan untuk segmen ultra low termasuk di dalamnya para profesional yang bergerak di bidang arsitektur, konstruksi, desain, percetakan, hingga fotografi yang memiliki volume cetak tidak terlalu tinggi namun ditunjang dengan hasil cetak yang maksimal.

Lalu seberapa menarikkah printer ini? Mari kita bahas bersama di review Canon TC-20 dibawah ini!

Printer Large Format Desain Kompak Tak Makan Banyak Tempat

Didapuk sebagai printer desktop, Canon TC-20 memiliki desain yang cukup ringkas. Berdimensi 968 x 545 x 245 mm, menjadikan printer ini bisa di letakkan dengan mudah diatas meja atau rak. Manxivers juga tidak akan kesusahan menjalankan kegiatan printing seperti mengganti tinta, memasang kertas, atau mengganti maintenance cartridge yang berada di depan printer.

Desain dan dimensi kompak Canon TC-20

Printer Canon imagePROGRAF TC-20 memiliki dimensi yang kompak (Sumber: Canon Asia Photo Library)

Kemudahan lainnya bisa didapat ketika memasang kertas roll. Bagi manxivers yang baru pertama kali menggunakan printer large format seperti ini, Canon menanggalkan roll bar dan menggantinya dengan shaftless feed – penjepit kertas gulungan tanpa poros – yang mudah sekali dipasang sekalipun manxivers berada di ruang yang sempit.

Canon TC-20 datang dengan beberapa aksesoris tambahan untuk menunjang kegiatan cetak yang berkelanjutan seperti desktop basket sebagai penampung kertas dan kombinasi antara stand + basket. Kedua aksesoris ini bisa manxivers beli secara terpisah di dealer-dealer terdekat termasuk Manxi Printer Store di wilayah Solo Raya dan sekitarnya.

Produktivitas Cetak Tinggi dengan Kualitas Cetak Mumpuni

Canon TC-20 bisa cetak A1

Canon TC-20 mampu mencetak kertas roll hingga ukuran A1 (Sumber: Canon Europe Image Gallery)

Seperti halnya printer plotter dengan ukuran hingga 24 inci, Canon TC-20 memiliki penanganan media yang beragam, baik berupa kertas roll maupun kertas lembaran biasa. Cetak berkelanjutan dengan menggunakan kertas roll hingga ukuran A1 atau setara dengan 610 mm. Mencetak gambar arsitektur seperti dekorasi, konstruksi hingga poster maupun foto dapat dieksekusi dengan baik dan bahkan cetak hingga panjang maksimal empat meter tanpa putus.

Tray kertas A3 Canon TC-20

Canon TC-20 dilengkapi dengan ASF yang mendeteksi masukan kertas secara otomatis (Sumber: Canon Europe Image Gallery)

Canon TC-20 dilengkapi dengan Auto Sheet Feeder (ASF) yang mampu menampung hingga 100 lembar kertas A4 atau 50 lembar kertas A3. Berkat adanya ASF ini, printer akan mendeteksi dan melakukan peralihan otomatis antara kertas roll maupun kertas lembaran.

isi ulang tinta Canon TC-20

Pengisian tinta mudah tetapi tidak ada jendela untuk mengamati jumlah tinta yang tersisa (Sumber: Canon Europe Image Gallery)

Hasil cetak bisa dikatakan lebih maksimal karena penggunaan tinta pigmen pada keseluruhan warnanya. Setiap gambar yang dihasilkan tidak akan mudah luntur meski terkena cipratan air atau highlighter. Dengan kapasitas isi hingga 70 ml, Canon TC-20 mampu mencetak lebih banyak daripada printer large format yang menggunakan cartridge biasa. Botol tintanya pun sudah didesain khusus agar tidak mudah tumpah ketika melakukan pengisian ulang.

Sayangnya, kita tidak bisa mengamati secara langsung jumlah tinta yang tersisa karena tidak ada jendela pengamatan pada tangki tinta Canon TC-20 ini.  Sebagai gantinya, kita bisa memantau sisa tinta tersebut melalui layar LCD atau via aplikasi pada smartphone.

Lebih Fleksibel, Cetak Di Mana Saja Tanpa Hambatan

Printer Canon TC-20 datang tidak hanya sebagai printer plotter yang hanya bisa print, melainkan dengan sejumlah fitur tambahan yang dibutuhkan di era sekarang ini.

Pertama, Canon TC-20 mendukung pencetakan secara mobile dengan hadirnya fitur Wi-Fi. Perangkat seperti smartphone atau tablet bisa dihubungkan melalui berbagai macam aplikasi yang mendukung pencetakan jarak jauh salah satunya yaitu Canon Print Inkjet/SHELPY.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita bisa mengamati kapan waktunya untuk mengisi ulang tinta, memeriksa jumlah kertas roll yang tersisa, hingga kemampuan untuk memperbarui firmware agar printer selalu up to date. Selain menggunakan Wi-Fi, Canon TC-20 juga memiliki sambungan melalui port USB dan ethernet yang bisa dihubungkan melalui jaringan lokal.

LCD Canon TC-20

Panel kontrol berupa LCD touchscreen yang responsif (Sumber: Canon Europe Image Gallery)

Kemudahan lainnya berada di antarmuka printer. Canon TC-20 menggunakan layar LCD touchscreen berwarna 2.7 inci yang cukup responsif. Menu yang ditampilkan pada home screen mulai dari informasi kertas yang digunakan, menu dasar, pengaturan jaringan, koneksi wireless, setup printer, hingga informasi seputar petunjuk untuk memuat kertas, troubleshooting, dan lain-lain.

Canon imagePROGRAF TC-20 datang juga dengan berbagai software pendukung yang bisa kita unduh secara gratis melalui situs Canon. Misalnya, dengan menggunakan Direct Print Plus, kita bisa memantau tata letak banyak file dengan format yang berbeda seperti PDF, JPEG, dan TIFF, melakukan pratinjau dan langsung mencetaknya tanpa membuka aplikasi khusus.

Canon imagePROGRAF TC-20 Dirancang Dengan Pertimbangan Keberlanjutan

Demi mendukung terciptanya lingkungan yang lebih baik dan mendukung konsep keberlanjutan (sustainability), Canon imagePROGRAF TC-20 dibuat dengan menggunakan lebih dari 5% plastik daur ulang dan terdaftar sebagai produk “emas”, tingkat registrasi tertinggi di bidang produk peralatan pencitraan di bawah sistem penilaian lingkungan EPEAT Amerika Serikat.

Termasuk didalamnya konsumsi dayanya yang cukup rendah, yaitu kurang dari 28 W ketika beroperasi dan sekitar 1.8 W ketika siaga. Penggunaan daya yang rendah ini akan sangat berkontribusi pada biaya operasional yang cenderung lebih kecil dibandingkan dengan printer serupa bertenaga laser.

Kesimpulan

Printer large format dengan sistem ink tank pertama Canon ini memberikan sebuah alternatif yang menarik di tengah maraknya printer large format 24” dengan sistem cartridge biasa.

Canon imagePROGRAF TC-20 menawarkan pengisian tinta yang lebih mudah dengan hasil cetak yang tajam serta tidak mudah luntur bila terkena air. Jangkauan cetak yang cukup luas mulai dari kertas roll maupun kertas lembaran atau cut sheet dari ukuran A4, Folio, A3 hingga A1+.

Printer Canon TC-20 juga ditunjang dengan berbagai fitur pendukung untuk mempermudah pekerjaan cetak seperti hadirnya koneksi wireless serta software  yang bisa kita download secara gratis melalui situs Canon.

Penggunaan material daur ulang dan konsumsi dayanya yang rendah ketika beroperasi memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan dan tentu saja akan menekan biaya operasional dari penggunaan printer ini.

Kabar baiknya, Canon imagePROGRAF TC-20 dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan printer ink tank large format dari brand sebelah. Canon TC-20 bisa manxivers dapatkan dengan menyiapkan dana sekitar 18 juta Rupiah di Manxi Group.

Bagi yang tertarik dengan Canon imagePROGRAF TC-20 bisa menghubungi kami di nomor 0895-2978-8808 atau bisa mengunjungi Manxi Printer Store terdekat di kota Anda!

Sekian dulu review Canon TC-20 kali ini, bagi manxivers yang punya pertanyaan seputar printer ini bisa tulis saja di kolom komentar ya! Terima kasih telah membaca artikel kami, semoga bermanfaat.

Bagikan informasi tentang REVIEW CANON imagePROGRAF TC-20: PRINTER LARGE FORMAT INK TANK PERTAMA CANON kepada teman atau kerabat Anda.

REVIEW CANON imagePROGRAF TC-20: PRINTER LARGE FORMAT INK TANK PERTAMA CANON | MANXIGroup.com

Belum ada komentar untuk REVIEW CANON imagePROGRAF TC-20: PRINTER LARGE FORMAT INK TANK PERTAMA CANON

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
STOK HABIS
*Harga Hubungi CS
Habis
*Harga Hubungi CS
Pre Order
SIDEBAR