"> Permasalahan Umum Dan Solusi Kerusakan Pada Printer Brother
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » Permasalahan Umum Dan Solusi Printer Brother

Permasalahan Umum Dan Solusi Printer Brother

Diposting pada 27 September 2017 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 803 kali

MANXIGROUP.COM | TOKO PRINTER, CARTRIDGE TONER, REFILL TONER, TINTA PRITER DAN SERVICE PRINTER. Dikesempatan kali ini MANXI Group mencoba berbagi informasi mengenai permasalahan umum dan solusi kerusakan pada printer brother.

Brother merupakan salah satu merk printer yang terkenal dan banyak digunakan oleh banyak masyarakat didunia. Beberapa toko komputer dan toko buku yang berskala besar juga sudah menjualnya di pasaran. Semakin hari beberapa fitur dan fasilitas printer brother telah dikembangkan dan menjadi semakin memudahkan bagi beberapa pengguna yang memanfaatkannya. Walaupun begitu, tetap pasti masih terdapat beberapa kendala yang akan tetap ditemukan saat dioperasikan. Apalagi setelah digunakan pada waktu yang skala banyak.

Solusi Kerusakan Pada Printer Brother Brother MFC-J200
Penggunaan skala banyak dalam hal ini adalah lebih dari 10.000 lembar cetak. Yang paling sering terjadi pada printer brother adalah machine error 50 dan machine error 46. Penyebabnya yang paling utama adalah maintenance unit yang trouble atau bermasalah. Atau masa pakainya telah habis. Maintenance unit merupakan unit penyedot tinta yang sesuai dengan dudukan print head dalam printer brother. Printer yang mempunyai masalah seperti ini biasanya kondisinya sangat kotor dan dipenuhi percikan tinta diarea sekitarnya. Terlalu sering melakukan cleaning head juga menjadi salah satu penyebab kerusakan ini.

Dari sini akan timbul sebuah pertanyaan. Bagaimana mengatasi permasalahan tersebut?. Apabila anda sudah menggunakannya hingga lebih dari 10.000 lembar akan lebih baik bila anda menggantinya. Hal ini disebabkan maintenance unitnya sudah tidak kuat lagi. Jika untuk jaga-jaga, akan lebih baik bila anda menjaga kebesihannya dari debu dan kotoran serta hewan-hewan kecil lainnya. Gunakanlah lap yang lembut untuk membersihkan bercakan tinta yang terdapat pada area printer. Selanjutnya jika Anda sudah mengganti cartridgenya, baca bagaimana cara merawat printer laserjet dengan benar agar tahan lama.

Salah satu masalah yang sering terjadi lainnya adalah paper jam. paper jam adalah saat dimana kertas lembar yang digunakan untuk mencetak tersangkut pada didalam printer. Langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah membuka printer cover anda dan buka covernya. Lihat terlebih dahulu posisi head Anda. Usahakan di geser ke pinggir tanpa mengenai kertas supaya tidak tergores. Secara perlahan tarik kertas yang telah tersangkut mengikuti jalur keluar kertas. Jangan memaksakan secara kasar dan jangan sisakan sebuah sobekan kertas sisa yang terdapat didalamnya.

Demikian tadi ulasan seputar permasalahan umum dan solusi kerusakan pada printer brother. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan informasi tentang Permasalahan Umum Dan Solusi Printer Brother kepada teman atau kerabat Anda.

Permasalahan Umum Dan Solusi Printer Brother | MANXIGroup.com

20 komentar untuk Permasalahan Umum Dan Solusi Printer Brother

  • Yolvi mMooy says:

    Saya punya brother dcp l2540dw selalu muncul di layar penutup belakang terbuka, keluarkan kertas lalu tekan ok.

    • Hai kak…
      Mungkin kakak bisa mengecek satu persatu sumber masalahnya dimulai dari :
      1. Pastikan tdk ada kertas yang tersangkut,buka penutup belakang printer apabila ada yg tersangkut tarik pelan melalui penutup belakang, apabila kertas sudah hampir keluar tarik melalui depan.
      2. Pastikan Posisi print head tidak berada di ujung sebelah kanan. Bila posisi tidak berada di kanan, coba geser print head ke bagian kiri, di bawahnya terdapat katup putih “maintenance unit” yang menghalangi jalan print head ke bagian ujung kanan, tekan kebawah katup putih tersebut sampai posisi print head pas di ujung sebelah kanan.
      3. Cek encoder strip apakah kotor.
      4. Coba cek sensor registration di bagian penutup belakang printer. Bila posisi nya berdiri berarti normal, bila miring ke bagian dalam printer berarti terdapat komponen yang patah.

      Apabila sudah kakak cek satu persatu tetapi masih bermasalah, kakak bisa membawanya ke tempat servis printer terdekat ya kak

  • Budi Hermawan says:

    Printer saya brother J3520 kenapa hasil fotocopynya hitam kalau untuk print bagus

  • Yusril says:

    Mohon maaf mau tanya, apakah awet kalo pake mesin fotocopy seri l2540?

  • lukman says:

    hasil copian dcp l2540dw tak bisa full halamankah? selalu tersisa sktr 2 cm. mhn soluci

  • Rudi Fajar setiawan says:

    Brother t300 selalu paper jam, setelah diambil kertas yg nyangkut sesuai petunjuk cover dibuka, dll, kembali siap, terus dipakai ngeprint lagi , paper jam lagi, apa ya madalahnya?

  • Salamansah says:

    saya punya printer j200 permasalahannya ketika diprint kertas jalan cuma tidak keluar tulisan dan melambat alias tersendat-sendat jalan kertasnya trus dipertengahan jalan paper jam..kira-kira apa penyakitnya pak ? mohon solusinya pak

  • armagun says:

    maksud gini hasil print yang keluar tidak muncul semua tulisan ada sebagian yang tidak terbaca kalo landscape

  • armagun says:

    ane punya printer brother dcp-t300 dan dcp-t310 ,masalahnya kalo orientasi pencetakan portrait aman, tapi pada pencetakan landscape itu tidak sesuai hasil print selalu cetak dari belakang, solusinya gimana nih

  • Johan says:

    saya punya printer brother DCP L5600. Permasalahan yang saya alami hasil tes cetak, sebelah pinngir kiri tidak jelas/kabur, terus juga hasil nya kotor. tolong solusinya.terimakasih

    • Hasil tidak tajam ada beberapa penyebab kemungkinannya kak.
      Bisa DI Cartridge atau Bisa Optik Bagian Laser Beam yang Kotor.

      Silahkan bawa ke Service Centre Terdekat untuk penanganan dan edukasi penggunaan lebih lanjut

  • Fran says:

    Saya punya printer Brother MFC-J200. Permasalahan yang saya alami hasil test print utk warna Hitam tidak bagus, ada yang kosong dan putus-putus. Saya pikir cartridge hitamnya sudah rusak, saya coba ganti baru tapi sama saja hasil test print tidak bagus. Saya coba cleaning lagi utk yg warna hitam, tetap hasilnya sama. Tolong dibantu untuk solusi yang terbaik. Terima kasih

    • untuk permasalahan yang anda alami membutuhkan pengecekan lebih detail, silahkan dibawa ke toko kami untuk pengecekan kerusakan yang mungkin terjadi pada printer anda. Lokasi toko kami bisa langsung di cek disini.

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
SIDEBAR