"> 7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya - MANXIGroup.com
Senin s/d Jumat buka jam 08:00 WIB - 16:00 WIB, Sabtu jam 08:00 WIB - 13:45 WIB, Minggu & Hari Besar Libur
Pembelian sebelum jam 14:00 barang akan dikirimkan hari itu juga kecuali barang pre order. Selebihnya akan dikirimkan hari kerja berikutnya. Untuk pengiriman via GO-SEND (Wilayah Solo) bisa menghubungi kami, pengiriman via GO-SEND dilayani maksimal sampai dengan jam 15:00. Jika ada pertanyaan tentang stock atau produk yang tidak tertera di website bisa langsung hubungi kami. Selamat berbelanja di Manxigroup
Beranda » Artikel » 7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya

7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya

Diposting pada 15 March 2017 oleh Admin Manxigroup | Dilihat: 2.543 kali

Manxi Group – Pusat Servis Printer Dan Toko Printer, Cartridge Toner, Tinta Murah. Di era digital saat ini, printer merupakan salah satu alat yang cukup penting untuk kehidupan manusia. Printer kini tidak hanya digunakan instansi-instansi tertentu saja, melainkan hampir semua instansi, bisnis UKM dan bahkan rumah biasa membutuhkan printer untuk kebutuhan mencetak dokumen yang diperlukan.

Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer

Sebagai pengguna printer, pastinya sobat manxi sudah sering menemukan masalah-masalah yang terjadi saat pemakaian printer. Masalah yang biasa terjadi pada printer adalah seperti hasil cetak yang bergaris dan putus-putus, paper jam, tinta tidak keluar, dan lain sebagainya. Mungkin solusi paling cepat adalah dibawa ke ahlinya, atau ke pusat servis. Namun kini tidak perlu langsung dibawa ke pusat servis, disini kami akan memberikan informasi mengenal masalah pada printer dan cara mengatasinya. 7 masalah yang biasa terjadi pada printer yang akan kami sampaikan dibawah ini berlaku hanya untuk printer inkjet dan printer laser.

1. Kecepatan Cetak Yang Terlalu Lama

Jika sobat manxi pernah mengalami masalah kecepatan cetak printer begitu lambat? jangan buru-buru langsung di bawa ke pusat servis. Karena itu masalah yang mudah diperbaiki, tetaplah tenang dan coba lakukan cara berikut

Sobat manxi bisa meningkatkan kecepatan cetak dan menghemat tinta pada proses mencetak dengan cara menurunkan kualitas cetak. Ketika kualitas cetak menurun, otomatis kecepatan cetak menjadi lebih cepat dan pengeluaran tinta menjadi lebih hemat. Mungkin pengaturan tiap printer sangat berbeda-beda, tapi sebenarnya langkah-langkahnya sama saja. Pilih menu Print and Properties dan cari pengaturan untuk menurunkan kualitas cetak. Jika sobat manxi pengguna HP Photosmart 8450, sobat bisa mengaturnya secara instan dengan mengubah pengaturan Normal to Fast Draft. Cara lain yang bisa sobat gunakan untuk meningkatkan kecepatan cetak adalah sobat bisa mencoba untuk mencetak dokumen dari web tanpa menggunakan grafik, jadi hanya karakter saja, serta tambahkan RAM pada printer sobat.

2. Boros Tinta

Masalah yang biasa terjadi pada printer berikutnya adalah tinta yang keluar terus sehingga menjadikan boros tinta. Padahal biasa untuk tinta sendiri juga tidak murah, hal ini bisa disebabkan karena salah pemilihan cartridge. Pilihlah cartridge yang memiliki kapasitas yang tinggi jika intensitas cetak sobat besar, salah satunya bisa menggunakan ELKASA Cartridge yang sudah teruji dan terpercaya.

3. Windows Mengirimkan Tugas Cetak Ke Printer Yang Salah

Hal ini biasa terjadi ketika memiliki lebih dari 1 printer untuk mencetak berbagai dokumen. Terkadang Windows melakukan kesalahan dalam mengirimkan data yang akan dicetak, sehingga dokumen yang ingin dicetak tidak keluar dengan menggunakan printer yang dituju.

Cara mengatasi masalah ini dengan melakukan set default salah satu printer untuk menjadi printer utama jika ingin mencetak dokumen. Caranya klik Icon Windows > Device and Printers > Pilih Printer dan Klik Kanan > pilih Set as default printer.

4. Hasil Cetak Printer Bergaris Dan Putus-Putus

Untuk masalah ini kami sudah membahasnya pada artikel sebelumnya, silahkan klik disini untuk mempelajarinya.

5. Muncul Peringatan Tinta Habis Pada Printer, Padahal Belum Habis

Ini mungkin masalah yang menjengkelkan pada printer, terkadang software dari printer memberikan peringatan bahwa tinta habis, padahal sebenarnya tinta masih belum habis dan masih banyak. Ini memang masalah yang sering terjadi para printer inkjet dan cara untuk mengatasi masalah ini bisa dengan cara reset pada cartridge. Ini cukup beresiko karena reset pada cartridge mengakibatkan printer memuat ulang pengaturan awal pada printer.

6. Kecepatan cetak printer wireless sangat lambat

Jika printer wireless tidak bertemu dengan konektivitas yang sama sudah sewajarnya akan terjadi masalah seperti ini. Tapi dengan menggunakan printer wireless sobat mendapatkan keuntungan berlebih, hanya saja sobat memerlukan sedikit tenaga lebih untuk melakukan pengaturan pada awalnya.

Untuk mendapatkan performa terbaik dari printer wireless ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan seperti, jumlah pengguna yang terhubung, jarak penggunaan printer tersebut dan interface koneksi yang harus disesuaikan. Printer wireless mungkin lebih nyaman ketika digunakan dalam rumah maupun kantor, namun perlu diingat bahwa printer wireless memiliki jumlah pengguna yang terbatas, setidaknya sobat harus mengatur siapa saja pengguna yang bisa mengakses printer ini.

Selain jumlah pengguna, jarak juga mempengaruhi kinerja printer wireless. Semakin jauh printer tersebut dengan router atau PC sobat, maka akan semakin lama pula transfer data yang terjadi dan semakin lama transfer data yang ada maka akan semakin lama pula kecepatan cetak dari printer. Terakhir, kompatibilitas interface Wi-Fi printer dengan router atau PC juga mendukung kecepatan cetak printer.

7. Gunakan Tinta Yang Bagus

Menggunakan tinta yang baik dan terpercaya sangat kami rekomendasikan untuk tetap membuat cartridge dan printer tahan lama. Jika sobat saat ini sedang menggunakan tinta murah dan abal-abal, sebaiknya berhenti dan beralih ke tinta terpercaya sebelum printer rusak. Sebagai solusinya sobat bisa menggunakan Tinta Manxi.

Itulah tadi 7 masalah yang biasa terjadi pada printer dan cara mengatasinya. Jika memang kerusakan pada printer sobat sudah memang benar-benar parah silahkan bawa pusat servis.

Bagikan informasi tentang 7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya kepada teman atau kerabat Anda.

7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya | MANXIGroup.com

15 komentar untuk 7 Masalah Yang Biasa Terjadi Pada Printer Dan Cara Mengatasinya

  • Hasyim says:

    Tolong dibantu printer xerox saya , pemanas tdk berfungsi serta rel scan nya tdk berfungsi

  • Asni Anas says:

    Pada saat proses cetak…setiap sampai hal ke dua paper jam dipertengahan dan kosong.bgmn cara mengatasinya?

    • Coba semua kegiatan print dikosongkan semua , lalu restart laptop/komputer , cabut kabel usb printer dan matikan printer
      Setelah itu konekan lagi printer dan kertas ditray coba dikasih 20lmbar

  • Zahra says:

    saat saya mau ngeprint tiba tiba ada bacaan ‘kabel dicabut saat printer masih menyala’ terus printer nya berjalan tpi tidak di kertas nya, saat saya mau membatalkan print malah tidak bisa, itu kenapa ya ka?

    saya menggunakan printer canon

    • kemungkinan itu saat proses print kabel belum terkoneksi dengan sempurna, dan ketika dicabut sudah ada printah print yang masuk ke eprom diantara dibatalkan sama proses printah print lebih dulu printah proses print.

      atau mungkin pendingan print dihapus dulu semua klo sudah restart komputer

  • prasetya says:

    kalo tinta tidak keluar padahal toner nya baru.dan segelan nya sudah di buka??

  • SOPIYUL BAIS says:

    bagaimana cara mengatasi kemacetan pada jalur kertas. pada layar printer terdapat tulisan bebaskan kemacetan pada jalur kertas pada printer M706N

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:
*Harga Hubungi CS
Ready Stock / LBP2900
STOK HABIS
*Harga Hubungi CS
Habis
SIDEBAR